Efektivitas Pelaksanaan Perkuliahan Jarak Jauh Bagi Mahasiswa PLS/Dikmas Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020

Effectiveness Of The Implementation Of Distance Education For Students From Out Of School Education In Even Semester Of Academic Year 2019/2020

  • Saifullah Darlan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Kebijakan pemerintah, efektivitas perkuliahan, kualitas lulusan perguruan tinggi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan perkuliahan jarak jauh sistem daring semasa pandemi Covid-19 bagi mahasiswa program studi Pendidikan Luar Sekolah (Pendidikan Masyarakat) FKIP Universitas Palangka Raya setelah adanya kebijakan pemerintah agar dosen mengajar jarak jauh di rumah menggunakan sistem daring.
Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, informan penelitian terdiri dari dosen dan mahasiswa sebagai sumber data primer, serta data sekunder berupa dokumen dan nilai hasil tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa. Analisis data dilakukan secara simultan terus-menerus dari awal sampai akhir penelitian mulai pengumpulan data, kondensasi data, penampilan data, verifikasi dan kesimpulan.
Hasil penelitian bahwa pelaksanaan perkuliahan jarak jauh dengan menggunakan sistem daring bagi mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (Pendidikan Masyarakat) banyak menemukan hambatan dan tidak efektif, ini dikarenakan mahasiswa yang berada di desa kesulitan menerima materi kuliah yang disebabkan luasnya wilayah Kalimantan Tengah dan sulitnya mendapatkan sinyal internet serta kesulitan biaya membeli paket data.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Saifullah Darlan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Azzahra, Nadia Fairuza (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Center for Indonesian Policy Studies (CPIPS).
Badan Pusat Statistik. (2019). ProvinsiKalimantan Tengah Dalam Angka 2019. Palangka Raya: CV. APP Digital Printing
Creswell, W. John. (2017). Research Design. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. (Terjemahan Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Firman dan Rahman, Sari Rahayu. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES).
Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Pramudibyanto, Hascaryo, & Widuroyekti, Barokah Widuroyekti. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.
Lincoln, Yvonna S, dan Egon G. Guba. (1985). Naturalistic Inquiry. California: Sage Publication Ltd.
Makarim, Nadiem. (2020). Mendikbud: Perguruan Tinggi di Semua Zona Dilarang Kuliah Tatap Muka. Jakarta: Kompas.com - 16/06/2020 .
Miles, B. Matthte, Huberman, A. Michaell, dan Saldana, Johnny. (2014). Quaitative Data Analysis. A. Methods Sourcebook, Edition 3. London: SAGE Publication,Inc.
Novita, Diana, & Hutasuhut, Addiestya. Rosa. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Medan: Unimed.
Rogers, M. Everett. (2003). Diffusion of Innovations. Fifth Edition. New York, USA: The Free Press, A Division of Simon & Schuster, Inc.
Strauss, Anselm & Corbin, Juliet. (2017). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. Cetakan V. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yunus, Nur Rohim, & Rezki Annissa. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jakarta: Salam Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.
Yunus, Nur Rohim, & Rezki Annissa., Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Setneg.
Yunus, Nur Rohim, & Rezki Annissa.(2008) Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik. Jakarta: Setneg.
Yunus, Nur Rohim, & Rezki Annissa.(2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.
Yunus, Nur Rohim, & Rezki Annissa. (2012). Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Sesneg.
Yunus, Nur Rohim, & Rezki Annissa.(2012). Peraturan Mendikbuda RI Nomor 24 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada PendidikanTinggi. Jakarta: Sesjen Depdikbud.
Published
2020-12-07
How to Cite
Darlan, S. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Perkuliahan Jarak Jauh Bagi Mahasiswa PLS/Dikmas Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Anterior Jurnal, 20(1), 64-70. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1643