Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas III SDN Sungai Andai 1 Banjarmasin

Improving Skill Of Writing Analysis Using Cerricate Image Media In Class III Students Of SDN Sungai Andai 1 Banjarmasin

  • M. Ihsan Ramadhani UAY Banjarmasin
  • Rizal Fuady Universitas Achmad Yani
Keywords: Menulis karangan, Media Gambar Berseri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengunaan media gambar berseri dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN Sungai Andai 1 Kota Banjarmasin. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kelas digunakan (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan subyek siswa kelas III. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan teknis persentase penilaian skala dan indikator keberhasilan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan aktivitas guru menggunakan media gambar berseri telah berhasil, terlihat pada siklus pertama mendapatkan persentase 79,68% dengan kategori baik meningkat pada siklus kedua, menjadi  85,93% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar keterampilan menulis karangan menggunakan media gambar berseri  telah terlaksana dengan sangat baik, terlihat pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan 71,42% dengan kategori cukup aktif meningkat pada siklus II  mencapai 85,71% dengan kategori sangat aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Ihsan Ramadhani, UAY Banjarmasin
Rizal Fuady, Universitas Achmad Yani

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers.
Brophy, J.E & Wentzel, K.R. (2014). Motivating students to learn fourth edition. New York: Routledge.
Dalman, H. 2011. Kerampilan Menulis. Jakarta:Rajawali Pers.
Hairuddin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Mulyasa, H.E. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Ramadhani, M.I & Fuady, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) divariasikan dengan Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas V SDN Pasayangan 3 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal Pahlawan. Vol.16 No 01, 102-112.
Sudjana. 2009. Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Published
2020-12-03
How to Cite
Ihsan Ramadhani, M., & Fuady, R. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas III SDN Sungai Andai 1 Banjarmasin. Anterior Jurnal, 20(1), 34-39. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1649