Manajemen Budaya Keislaman di SDIT Al Firdaus

Management of Islamic Culture at SDIT Al Firdaus

  • Inuriya Verawati Universitas Achmad Yani, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • M. Ihsan Ramadhani Universitas Achmad Yani, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Keywords: Manajemen, Budaya, Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana cara SDIT Al Firdaus menerapkan manajemen budaya keislaman di sekolah, dan 2) memberikan gambaran yang detail tentang beberapa faktor yang mendukung dan menghambat dalam penerapan budaya keislaman di SDIT Al Firdaus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Manajemen budaya keislaman di SDIT Al Firdaus dapat dikategorikan baik, dengan dilaksanakannya kegiatan yang sesuai dengan dokumen pengelolaan, pengarahan, monitoring, pemberdayaan, motivating, dan adanya evaluasi. 2) Adapun faktor pendukung dan penghambat penerapan manajemen budaya keislaman di SDIT Al Firdaus meliputi : Faktor pendukung, komitmen dari top manajemen, dukungan warga sekolah, dan fasilitas pembelajaran yang representatif. Faktor penghambat, Orang tua siswa belum terbiasa dengan budaya keislaman, dan belum optimalnya penerapan sanksi, dalam perwujudan budaya keislaman di SDIT Al Firdaus.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Inuriya Verawati, Universitas Achmad Yani, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
M. Ihsan Ramadhani, Universitas Achmad Yani, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

References

Arifin. 2019. Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Penguatan Budaya Sekolah Di SMA Negeri 5 Kupang. Jurnal Ilmiah. Vol 6 No 1 ; 1-13.
Daradjat, Zakiah 2009. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, cet. 17.
Hadiawati, Lina. 2008. Pembinaan Keagamaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Melaksanakan Ibadah Shalat. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 02, No. 1 ; 18.
Masaong, A. K & Ansar. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah (Teori, Model dan Implementasi. Gorontalo:Senta Media.
Wahab, A.A . 2008. Anatomi Organisasi Pendidikan & Kepemimpinan Pendidikan Telaah Terhadap Organisasi & Pengelolaan Organisasi Pendidikan. Bandung:Alfabet
Published
2020-12-28
How to Cite
Verawati, I., & Ramadhani, M. I. (2020). Manajemen Budaya Keislaman di SDIT Al Firdaus. Anterior Jurnal, 20(1), 123-128. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1651