Pendidikan Politik Bagi Siswa Kelas XII Berbasis Kearifan Lokal Di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya

Political Education For Xii Grade Students Based On Local Wisdom In Pahandut Distric Kota Palangka Raya

  • Alfrid Sentosa Universitas PGRI Palangka Raya
  • Wiwik Suprapti Universitas PGRI Palangkaraya
Keywords: Pendidikan Politik, Berbasis Kearifan Lokal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menggambarkan bentuk-bentuk pendidikan politik berbasis kearifan lokal di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya. 2) Untuk mengetahui Faktor-faktorapa yang menjadi penghambat dalam memberikan pendidikan politik di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya.

Penelitian ini bersifat deskriptif dengan penjelasan kualitatif. Deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/melukiskan keadaan subyek/obyek penelitian (seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya.

Hasil Penelitian a) Pedidikan politik non formal adalah pendidikan yang didapatkan oleh siswa XII diluar jam sekolah adau dirumah yaitu dalam bentuk nilai luhur yang di turunkan secara turun temurun baik melalui budaya, adat istiadat serta kearifan lokal setempat. b) Pendidikan politik formal biasa didapatkan oleh siswa yaitu di sekolah yang diberikan oleh guru atau pun pihak yang terkait didalannya seperti KPU, Bawaslu dan Lainnya. Melalui pelajaran PKn guru memberikan pengetahuan tentang pendidikan politik bahwa mereka memiliki hak suara berhak untuk memilih dan di pilih apabila sudah berumur 17 tahun. Dalam memberikan pendidikan politik ada beberapa hal yang menjadi pengambat yaitu: Kurangnya sosialisasi yang diberikan kepada siswa XII, kurangnya pengetahuan siswa tentangĀ  seni budaya, adat istiadat, kearifan lokal setempat, adanyan kendala dari pihak penyelenggara dalam memberikan sosialiasi kepada pemilih kelas XII yang telah berumur 17 tahun karena wabah virus corona Covid 19, pendidikan disekolah kurang maksimal juga dalam memberikan pendidikan politik karena siswa sekolah dari rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wiwik Suprapti, Universitas PGRI Palangkaraya

References

Aris Riswandi Sanusi, Cecep Dermawan, 2016. Implementasi Pendidikan Politik Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Lintas Budaya Pada Generasi Muda Demi Mewujudkan Budaya Politik Pancasila (Studi Deskriptif Terhadap Organisasi Kepemudaan Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol. 25 No. 1.
Asmika Rahman, Suharno, 2019. Pelaksanaan Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 4 No 2.
Chris Apandie1, Endang Danial Ar2, 2019. Huma Betang: Identitas Moral Kultural Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah Jurnal Of Moral and Civic Education Vol 3 No. 2
Dwira Kharisma, 2015. Peran Pendidikan Politik Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Muda. Jurnal Politico Vol 4. No 2.
Husein Umar, 2013. Motode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Ndraha, Taliziduhu, 2011. Kybernologi: Ilmu Pemerintahan Baru. Rineka Cipta. Jakarta.
Payerli Pasaribu, 2017. Peranan Partai Politik Dalam Melaksanakan Pendidikan Politik. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA Vol 5 No 1.
Rahmat, Amarru Mufftie H, Iqbal S. 2018. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang Volume 4 (3)
Ririn Oktarina, Ribuwati, 2018. Penerapan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Di SD Negeri 8 Rambutan Kabupaten Banyuasin Menuju Global Citizen. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang 05 Mei 2018.
Surabakti, Ramlan 1992. Memahami Ilmu Politik, Gramedia Widya Sarana Jakarta
Sunarso, 2007. Pendidikan Politik Dan Politik Pendidikan. Jurnal Civics vol 4 (2)
Sarwono, Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kulitatif. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suwarno, 2017. Budaya Huma Betang Masyarakat Dayak Kalimantan Tengah Dalam Globalisasi: Telaah Konstruksi Sosial Lingua Vol 14 No 1.
Hasil Wanwancara Komisionr KPU, Anggota Partai Politik, Guru Kelas XII dan Siswa Kelas XII di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya
Published
2020-12-03
How to Cite
Sentosa, A., & Suprapti, W. (2020). Pendidikan Politik Bagi Siswa Kelas XII Berbasis Kearifan Lokal Di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 20(1), 55-63. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1685