Evaluasi Program Relawan Angkatan Muda Muhammadiyah Pada Pemulasaran Jenazah Covid-19 Di Kalimantan Tengah

Keywords: Evaluasi program, relawan pemulasaran jenazah

Abstract

 

 

 

ABSTRAK

Kondisi Pandemi Covid-19 menuntut kader-kader Muhammadiyah untuk turut berpartisipasi secara kreatif dan inovatif dalam penanggulangan pandemi ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Secara umum evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan Program Relawan Muhammadiyah dalam Pemulasaran jenazah covid-19. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui analisis kebutuhan, tujuan dan sasaran pada tahapan Antecedents/context; 2) Mengetahui proses pelayanan, dukungan sarana dan prasarana, penjadwalan, dukungan stakeholder, dana, dan metode pelaksanaan dalam tahapan Transaction/Process; 3) Mengetahui hasil kegiatan/pelayanan pada tahapan output.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan model evaluasi STAKE (context, process dan outcome. Subjek penelitian berasal dari relawan Angkatan Muda Muhammadiyah di 2(dua) kabupaten yaitu Palangkaraya dan Kuala Kapuas. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data juga dilakukan dengan melakukan konfirmasi data kepada unsur MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Centre).

Hasil yang diperoleh dari “Evaluasi Program Relawan Angkatan Muda Muhammadiyah Pada Pemulasaran Jenazah Covid-19 Di Kalimantan Tengah” dipaparkan temuan-temuan hasil evaluasi kedalam tiga bagian model evaluasi yaitu: context, process, dan outcome.  Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Analisis kebutuhan dan tujuan serta sasaran program pada komponen context ada pada kategori baik sekali. (2) Implementasi aktifitas kegiatan dalam aspek process termasuk dalam kategori baik. (4) Outcome dari program ada pada kategori baik. Kesimpulan dari evaluasi ini adalah program Program Relawan Angkatan Muda Muhammadiyah Pada Pemulasaran Jenazah Covid-19 Di Kalimantan Tengah tetap dilanjutkan dengan beberapa perbaikan.    

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurul Hikmah Kartini, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Daniel L.Stufflebeam dan Anthony J. Shinkfield. Evaluation Theory, Models, & Applications. United States of America: A Wiley Imprint. 2007

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta. 2013
Djaali&Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo. 2008
Furqan, Arief. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. 2000
Hartoyo. Pengembangan Instrumen Kompetensi Penilik dan Penerapannya di Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 1, Tahun VIII. 2006

Mardapi, Djemari. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika. 2012.

Muhtadi, Ali. Penanaman Nilai-Nilai Agama dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 1, Tahun VIII. 2006.

Muyasaroh, Sutrisno. Pengembangan Instrumen Evaluasi Cipp Pada Program Pembelajaran Tahfiz Alqur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 18, Nomor 2, 215-233. 2014.

N. H. Kartini, “Evaluasi Program Baitul Arqam Bagi Karyawan Di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya”, anterior, vol. 16, no. 2, pp. 144-157, Jun. 2017.
Published
2021-04-29
How to Cite
Kartini, N. H. (2021). Evaluasi Program Relawan Angkatan Muda Muhammadiyah Pada Pemulasaran Jenazah Covid-19 Di Kalimantan Tengah. Anterior Jurnal, 20(2), 113-119. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2084

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>