EVALUASI Evaluasi Kinerja Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring Melalui Supervisi Kepala Sekolah

Evaluation Of Teacher Performance To Conduct Online Learning Through Principal Supervision

Authors

  • Wahidah Wahidah SMPN-6 Palangka Raya, Indonesia, Indonesia
  • Bulkani Bulkani Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2151

Keywords:

Supervisi Daring Kepala Sekolah, Kinerja guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). Reliabilitas instrumen supervisi daring yang digunakan kepala sekolah untuk mengukur kinerja guru  (2). Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran daring, (3). Korelasi usia dan masa kerja dengan kinerja guru dalam pembelajaran daring  (4). Perbedaan kinerja guru dalam pembelajaran daring jika ditinjau dari jenis kelamin,  pangkat-golongan, dan jenjang pendidikan. Penelitian menggunakan metode korelasional dan komparatif, dengan sampel sebanyak 47 orang guru SMPN-6 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi luring dan daring. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi, uji-t, dan analisis variansi satu jalur. Dari hasil penelitian disimpulkan (1). Instrumen supervisi daring yang digunakan kepala sekolah merupakan instrumen yang reliabel karena hasil pengukurannya berkorelasi positif dan signifikans sebesar 0,71 dengan hasil supervisi luring sebelum pandemi. (2). Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran daring berada pada kategori baik dan sangat baik, (3). Usia dan masa kerja guru tidak berkorelasi dengan kinerja guru dalam pembelajaran daring. (4). Jenjang pendidikan dan pangkat guru, merupakan faktor yang menyebabkan perbedaan kinerja guru dalam pembelajaran daring, sedangkan faktor jenis kelamin, bukan merupakan faktor yang menyebabkan perbedaan kinerja guru. Implikasi penelitian ini adalah perlunya perumusan kebijakan pembinaan guru berdasarkan pangkat dan jenjang pendidikan, sehingga kinerja guru dalam pembelajaran daring dapat ditingkatkan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wahidah Wahidah, SMPN-6 Palangka Raya, Indonesia, Indonesia

Guru SMPN-6 Palangka Raya, Indonesia, Indonesia

Bulkani Bulkani, Universitas Palangkaraya

References

Ashari, R.G. (2018). Memahami Hambatan dan Cara Lansia Mempelajari Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi. 15(2). pp. 155-170.
Bulkani, (2020). Peningkatan Akurasi Tes Daring sebagai Alat Ukur Hasil Belajar Masa Pandemi Covid-19. In, In’am & Latipun (eds). New Normal, Kajian Multidisiplin, Malang: AMCA & Psychology Forum. pp. 89-96.
Clifford, O.E., & Akpochafo, W.P. (2015). Gender Difference among Social Studies Teachers’ Competences in the Use of the Inquiry Method in South-South Nigeria. Journal of Education and Practice. 6(23). pp. 48-52. ISSN: 2222-1735. e-ISSN 2222-288X. www.iiste.org
Efendy, M., Dewantoro, D.A., Pradipta, R.F., & Ummah, U.S. (2019). Critical Factors in the Performance of Special Education Teachers in Inclusive Schools. International Journal of Innovation, Creativity, and Change. 5(4). pp. 95-112. ISSN 2580-3581: e-ISSN 2580-5037. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159.
Kepmendikbud RI Nomor 719/P/2020. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. (Guidelines for Implementing Curriculum in Educational Units in Special Conditions).
Khatoo, H., Azeem, F., & Akhtar, S.H. (2011). The impact of different factors on teaching competencies at secondary level in Pakistan. Interndiciplinary Journal of Contemporary Research in Business. 3(5). pp. 648-655. ijcrb.webs.com
LPPKSPS: Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Kerja Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. (Principal Work Guidelines during the Covid-19 Pandemic).
Marjoon, M., & Nugroho, K.U.Z. (2019). The Competence of Teachers Based on Academic Qualification and Gender. Paper presented at: SAMSES2018 IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1318. DOI:10.1088/1742-6596/1318/1/012136
Mansyur, Rasyid, H., &b Suratno. (2009). Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mardapi, D.(2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika
Naga, D.S. (1992). Pengantar Teori Skor pada Pengukuran Pendidikan, Jakarta : Gunadarma,
Nadeem, M., Lone, A.H., Maqbool, S., Naz, K., & Ali, A. (2011). Teacher’s Competencies and Factors Affecting the Performance of Female Teachers in Bahawalpur (Southern Punjab) Pakistan. International Journal of Business and Social Science. 2(19). pp. 217-222. www.ijbssnet.com
Niswah, W. (2020). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap
Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kabupaten Demak. JPAI Jurnal Perempuan dan Anak Indonesia. 2(1). pp. 43-57. ISSN: 2686-2891
Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: 03/V/PB/2010 dan Nomor: 14 Tahun 2010. Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. (Instructions for Implementation of Functional Teacher Positions and Credit Score).
Rachman, M.P., & Tjalla, A. (2008). Keterampilan Pengelolaan Kelas Dilihat dari jenis Kelamin dan Kecerdasan Emosi Guru Sekolah Luar Biasa. Jurnal Psikologi. 2(1). pp. 1-7.
Raob, I., Al-Qshaibat, H., & Ong, S.L. (2012). A Factor Analysis of Teacher Competency in Technology. New Horizons in Education.60(1). pp. 13-22. Avalaible at: https://files. eric.ed.gov/fulltext/EJ974075.pdf
Rugaiyah (2016). Pengembangan Model Supervisi Klinis Berbasis Informasi dan Teknologi. Cakrawala Pendidikan. XXXV(3). pp. 421-
Rahmawaty, U.F.R. (2020). Pendidikan di Masa Covid-19: White Paper. Jakarta: ISED
Sax, G. (1980). Principles of Educational and Psychological Measurement and Evaluation. San Francisco:Phoenix Publishing Services Inc.
Sekretariat Komisi XI DPR-RI. (2020). Evaluasi Pembelajaran Jarah Jauh. Jakarta:Hetifah Sjaifudian
Sonedi, (2016). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Guru terhadap Pekerjaan dengan Kompetensi Profesional Guru. Anterior Jurnal. 16(1). pp. 14-27. ISSN: 1412-1395; e-ISSN: 2355-3529
Sonedi, Sholehah, T., & Dihasbi, (2018). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Anterior Jurnal. 18(1). pp. 13-22. ISSN: 1412-1395; e-ISSN: 2355-3529
Stufflebeam, D.L., & Shinkfield, A.J. (2007). Evaluation, Theory, Models, & Applications. San Francisco: Jossey-Bass A Willey Imprint.
Subaidi. (2020). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu
Pendidikan Dan Kinerja Guru Di MAN 1 Pati. TADBIR Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. 4(2). pp. 161-174. ISSN: 2580-3581. e-ISSN: 2580-5037. DOI: http://dx. doi. org/10.29240/jsmp.v4i2.1428
Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 15 Tahun 2020. Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. (Guidelines for Organizing Learning from Home in an Emergency during the Covid-19 Spread).
Syah, M.F.J. (2016). Pengalaman, Jenis Kelamin, dan Tingkat Pendidikan: Apakah Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, dan Kota Semarang? Presented at : Seminar Nasional Pendidikan (SNP-2016). ISSN: 2503-4855
Tambunan, H. (2014). Factors Affecting Teachers’ Competence in the Field of Information
Technology. International Education Studies. 7(12). pp. 70-75. ISSN: 1913-9020 e-ISSN:1913-9039
Wandi, A. (2018). Analisis Peran Supervisi Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok Guru; Studi Tindakan Sekolah di SMPN 2 Situjuah Limo Nagari. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia). 4 (1). pp. 71-77. ISSN : 2477-8524-ISSN. e- ISSN: 2502-8103. DOI : https://doi.org/10.29210/02018195
Widoyoko, E.P. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Vitanova, V., Pachemska, T.A., Iliev, S., & Pachemska, S. (2015). Factors Affecting the Development of ICT Competencies of Teachers in Primary Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences. pp. 1087 – 1094.

Downloads

Published

2021-04-12

How to Cite

Wahidah, W., & Bulkani, B. (2021). EVALUASI Evaluasi Kinerja Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring Melalui Supervisi Kepala Sekolah: Evaluation Of Teacher Performance To Conduct Online Learning Through Principal Supervision. Anterior Jurnal, 20(2), 29–42. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2151