Analisis Kebijakan Pencegahan Dan Penanganan Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Kalimantan Tengah

Policy Analysis Of Forest And Land Fire Prevention And Management In Central Kalimantan Province

Authors

  • Muhamad Wahyudi Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2223

Keywords:

Analisi Kebijakan, Pencegahan, Penanganan, Kebakaran, Hutan dan Lahan

Abstract

Berbagai upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan telah dilakukan termasuk mengefektifkan berbagai perangkat hukum dan para pihak terkait, termasuk sampai pada sanksi hukum yang cukup tegas. Namun hingga saat ini upaya tersebut masih dianggap belum memberikan hasil yang optimal. Tahun berganti tahun, kebakaran hutan dan lahan masih menjadi bencana yang paling mengganggu dan berdampak luas di Kalimantan Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Tengah serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Tengah.  Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan informan penelitian  terdiri dari Gubernur, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Tokoh Masyarakat dan masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2003 dan Peraturan Gubernur Nomor 24 Tahun 2017, kebijakan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Tengah dilakukan dalam dua tahapan yaitu kebijakan pencegahan dan kebijakan penanganan kebakaran hutan dan lahan. Namun dalam pelaksanaannya lebih mengutamakan pada kebijakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan karena lebih berdampak baik secara ekonomi, sosial, edukasi dan kesehatan. Upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Tengah terkendala oleh kurang memadainya sumber daya manusia, anggaran yang terbatas serta kurangnya sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhamad Wahyudi, Universitas Palangkaraya

References

Anderson, James E. 1978. Public Policy Making. Holt, Rinehart and Winston, 2nd ed, New York.
ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). 2003. Guidelines for the implementation of the ASEAN policy on zero burning. ASEAN sekretariat, Jakarta.
Baedhowi. 2009. Kebijakan Otonomi Daerah Bidang Pendidikan: Konsep Dasar dan Implementasi. Pelita Insani, Semarang.
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Putra Grafika, Jakarta.
Bungin, Burhan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan ke delapan Belas Edisi IV. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Dunn, William N. 1994. Public Policy Analysis: An Introduction, New Jersey: Pearson Education. Edisi bahasa Indonesia diterjemahkan dari edisi kedua (1994) diterbitkan sejak 1999 dengan judul Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, cetakan kelima. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Dunn, William N. 1998. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Dunn, William N. 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik, (terjemahan), Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Gaylor HP. 1974. Wildfires Prevention and Control. Robert J. Brady Company, Bowie, Maryland.
Hariwijaya, M. & Triton P.B. 2005. Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal dan Skripsi. Oryza, Yogyakarta.
Hasan, Iqbal. 2002. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Bumi Aksara, Jakarta.
Hermawan, W. 2006. Dampak Kebakaran Kebun dan Lahan terhadap Lingkungan Hidup. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat.
Hogwood, Brian W, and Lewis A. Gunn. 1984. Policy Analysis for the Real World. Oxford University Press, New York.
Indrawijaya, Adam I., 2004. Perilaku Organisasi, Edisi Revisi. Penerbit Sinar Baru Algensindo, Bandung.
Islamy, Irfan. 1988. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Bina Aksara, Jakarta.
Miles, Mathew B. dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP, Jakarta.
Miles, Mathew B. dan Huberman, A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Universitas Indonesia, Jakarta.
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. UI-Press, Jakarta.
Morse, Stephen. 1998. Successful Product Management. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Nakamura, Robert T and Frank Smallwood. 1980. The Politics of Policy Implementation. St. Martins Press, New York.
Notohadinegoro, T. 2006. Pembakaran dan Kebakaran Lahan. Universitas Gadjah Mada Press, Yogyakarta.
Nugroho D, Riant. 2004. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Gramedia, Jakarta.
Nugroho D, Riant. 2008. Public Policy (Teori Kebijakan, Analisis Kebijakan, Proses Kebijakan, Perumusan, Implementasi, Evaluasi, Revisi, Risk Management dalam kebijakan publik, Kebijakan Sebagai The Fifth Estate, Metode Penelitian Kebijakan). Gramedia, Jakarta.
Parsons, Wyne. 1997. Public Policy: An Introduction to the Theory and Practice of Policy Analysis. Queen Mary Westfield Collage University, London.
Parto, Saeed. 2005. Good Governance and Policy Analysis: What of Institution. Merit-Maastricht Economic Research, Institute On Innovation and Technology.
Patton dan Sawicki.1993. Basic Methods of Policy Analysis and Planning. Prentice Hall: Michigan University, New York.
Purbowaseso. 2004. Pengendalian Kebakaran Hutan. Rineka Cipta, Jakarta.
Saharjo B.H. 2003. Pengertian Kebakaran Hutan. Di dalam: Suratmo FG, Husaeni EA, Jaya NS, editor. Pengetahuan Dasar Pengendalian Kebakaran Hutan. Fakultas Kehutanan IPB, Bogor.
Saharjo B.H. 2016. Pengendalian Kebakaran Hutan dan atau Lahan di Indonesia, PT Penerbit IPB Pers, Bogor.
Sjahrir. 1988. Kebijaksanaan Negara: Konsistensi dan Implementasi. LP3ES, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Suharto, Edi. 2010. Analisis Kebijakan Publik. CV Alfabeta, Bandung.
Suharto, Edi.. 2012. Analisis Kebijakan Publik (Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial). Alfabeta, Bandung.
Sumantri. 1997. Pencegahan Kebakaran Hutan Melalui Peningkatan Peran Serta Masyarakat Sekitar Kawasan Penyangga. Ditjen PHKA dan JICA, Bogor.
Suharto, Edi.. 2007. Pengendalian kebakaran lahan dan hutan, sebuah pemikiran, teori, hasil praktek, dan pengalaman lapangan. Ditjen PHKAJICA, Jakarta.
Suprayitno dan Syaufina L. 2008. Pengendalian Kebakaran Hutan. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan dan Korea International Cooperation Agency, Bogor.
Suratno dan Arsyad, Lincoln. 1995. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. UPP AMPYKPN, Yogyakarta.
Syaufina L, .2008. Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia, prilaku api, penyebab dan dampak kebakaran. Bayu Media Publishing, Bandung.
Thoha, Miftah. 1996. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Tilaar, H.A.R dan Nugroho, Riant. 2005. Kebijakan Pendidikan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Thoha, A. 2014. Model Penguatan Kelembagaan Pengelolaan Risiko Kebakaran Hutan Dan Lahan Berbasis Masyarakat. Sekolah Pasca Sarjana. ITB. Bogor.
Tjokroamidjojo, Bintoro dan Mustopadidjaja. 1988. Kebijaksanaan Dan Administrasi Pembangunan; Perkembangan Teori dan Penerapan. LP3ES, Jakarta.
Wahab, Solichin Abdul. 2002. Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Bumi Aksara, Jakarta.
Wahab, Solichin Abdul. 2011. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.
Wahab, Solichin Abdul. 2012. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik: Teori dan Proses. Med Press (Anggota IKAPI), Yogyakarta.
Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik (Teori, Proses, dan Studi Kasus). CAPS, Jakarta.
Ahdiyana, Marita. 2010. Dimensi Organizational Citizenship Behavior (OCB) dalam Kinerja Organisasi. Journal of Applied Psychology, Vol. 8. No.2: Hal. 1-10.
Ahdiyana, Marita. 2014. Meretas asa Kepemimpinan Birokrasi pasca Undang-undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN), dalam seminar nasional jurusan ilmu administrasi Negara FIS UNY.
Akbar, A. 2008. Pengendalian Kebakaran Hutan Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Mengatasi Risiko Dalam REDD. Tekno Hutan Tanaman, I (1), 11–22.
Akbar, A. 2011. Studi kearifan lokal penggunaan api persiapan lahan : Studi kasus di Hutan Mawas Kalimantan Tengah. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, 8(3), 211–230.
Anderson, James E. 2003. Critical Thinking Across the Disciplines. Makalah pada. Faculty Development Seminar in New York City College of Technology, New York.
Budiningsih, Kushartati. 2017. Implementasi Kebijakan Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan. Vol. 14 No.2, November 2017: 165-186.
Chokkalingam U, Suyanto, Permana RP, Kurniawan I, Mannes J, Darmawan A, Khususyiah N, Susanto RH. 2004. Pengelolaan api, perubahan sumberdaya alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat di areal rawa/gambut – Sumatera bagian Selatan. Di dalam: Suyanto, Chokkalingam U, Wibowo P, editor. Prosiding semiloka Kebakaran Lahan Rawa/Gambut di Sumatera: Masalah dan Solusi. Palembang, 10 – 11 Desember 2003. Jakarta: CIFOR. Hlm 35-47.
Darwiati, W. dan F.D. Tuheteru. 2010. Dampak kebakaran hutan terhadap pertumbuhan vegetasi. Jurnal Mitra Hutan Tanaman. 3(1): 27-32.
Hasoloan D. 2001. Kebijakan Rencana Tata Guna Lahan Untuk Perkebunan dan HTI, Serta Dampaknya Terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan di Propinsi Jambi. Di dalam: Suyanto S, Permana RP, Applegate G, Setijono D, editor. Prosiding Seminar Sehari Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Aktivitas Sosial Ekonomi dalam Kaitannya 233 dengan Penyebab dan Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumatera. Bogor: Proyek Penelitian Kebakaran Hutan dan Lahan ICRAF dan CIFOR. hlm. 51-65
Hatta, M. 2008. Dampak Kebakaran Hutan terhadap Sifat-Sifat Tanah di Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Draft Hasil Penelitian, Departemen Kehutanan Fakultas Pertanian. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Irwansyah, Andrian. (2005). Analisis Kerusakan Dan Strategi Pencegahan Banjir Rob Akibat Perubahan Iklim Di Jakarta Utara. Tesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Junaedi A. 2010. Wanatani berbasis tanaman karet klonal “ Langkah menuju intensifikasi lahan”, Di dalam: Sukmareni, editor. Catatan pendampingan Orang Rimba menantang zaman Komunitas Konservasi Indonesia Warsi. Jakarta: KKI Warsi. Hlm 109-121.
Loren, Aditiea Muhammad Ruslan, Fadly H. Yusran dan Fonny Rianawati. 2015. Analisis Faktor Penyebab Kebakaran Hutan Dan Lahan Serta Upaya Pencegahan Yang Dilakukan Masyarakat Di Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah. Jurnal Enviro Scienteae. Vol 11 Hal 1-9.

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

Wahyudi, M. (2021). Analisis Kebijakan Pencegahan Dan Penanganan Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Kalimantan Tengah: Policy Analysis Of Forest And Land Fire Prevention And Management In Central Kalimantan Province. Anterior Jurnal, 20(2), 153–159. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2223