Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru di SDN 6 Raja Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • M. Mujihartono SDN 6 Raja

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v20i3.2655

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar, Kelompok Kerja Guru

Abstract

Salah satu setrategi pembelajaran yang sesuai dengan hal tersebut  adalah pembelajaran dengan pendekatan Pakem.Dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar maka implementasi pembelajaran pakem akan memungkinkan siswa bisa mengembangkan kreativitas, motivasi dan partisipasinya dalam pembelajaran . Dari hasil pantauan calon peneliti selaku pengawas sekolah, selama ini  para guru di SDN 6 RAJA   , sangat jarang dan bahkan tidak pernah memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.Salah satu setrategi pembelajaran yang sesuai dengan hal tersebut  adalah pembelajaran dengan pendekatan Pakem.Dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar maka implementasi pembelajaran pakem akan memungkinkan siswa bisa mengembangkan kreativitas, motivasi dan partisipasinya dalam pembelajaran . Dari hasil pantauan calon peneliti selaku pengawas sekolah, selama ini  para guru di SDN 6 RAJA   , sangat jarang dan bahkan tidak pernah memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.Begitu pula dalam KKG, kemampuan guru berdiskusi masih kurang aktif dan kreatif, sehingga kemampuan guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar belum baik. Rumusan Masalah adalah: 1. Apakah dengan diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SDN 6 RAJA  2. Apakah kelemahan dan kelebihan pelaksanaan diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber  belajar di SDN 6 RAJA  Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang direncanakan dilaksanakan dalam dua siklus,ndimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua sampai tiga kali  pertemuan. Adapun subyek penelitian ini adalah guru-guru di SDN 6 RAJA   yang terdiri dari enam orang guru kelas dan dua orang guru bidang studi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

M. Mujihartono, SDN 6 Raja

SDN 6 Raja

References

Badru Zaman, dkk. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Buku Materi Pokok PGTK 2304. Modul 1-9. Jakarta Universiats Terbuka.
Ekowati, Endang. 2001. Stategi Pembelajaran Kooperatif. Modul Pelatihan Guru Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas.
Kasianto, I Wayan 2004, Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Diskusi Kelompok. Laporan Penelitian Kelas. Tidak dipublikasikan
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. 2000. The Action research Planner. (doing Critical Participatory Action research). Singapura: Springer.
Rusyan Tabrani. 2001. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.
Sarman, 2005, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Sarman, Samsuni S.Pd. 2005. Implementasi Pendekatan Works Based Learning pada Sumber Belajar Masyarakat dalam Pembelajaran PS-Ekonomi. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.
Sutrisno Hadi, 2000. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta : Andi
SW, Ischak dan Warji R. 1987. Program Remedial dalam. Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty.
Tabrani dan. Daryani dalam. Kasianto,2004, Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar, bandung, Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2021-08-04

How to Cite

Mujihartono, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru di SDN 6 Raja Tahun Pelajaran 2019/2020. Anterior Jurnal, 20(3), 38–47. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i3.2655