Hasil Belajar dan Kinerja Siswa SMA pada Pembelajaran Konsep Protista Melalui Pendekatan Inquiri Terbimbing

Authors

  • Fathul Zannah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.293

Keywords:

Guide Inquiry, Learning Outcomes, Performance

Abstract

Learning activities in SMAN 2 Banjarbaru has led to the observation of activities, but not optimal guided inquiry approach in detail. This resulted in performance students have not been honed, which is indispensable in biology education. This study aims to: test the significance of student learning outcomes in the form of a product between treatment classes and control classes, test the significance of the process of student learning outcomes between treatment classes and control classes, measure student performance. The study was designed with a quasi-experimental The Nonequivalent Control Group Design. Sample of this study is class grade students X5 and X4 as a class treatment and X1 as a control classes. There are differences of the average of learning product treatment classes with control classes in 3 times learning (29.5 to 28.21; 51.2 to 28.93; 70.2 to 27.14). This difference was significant sequential (Fo = 16.76, P = 0.0001, Fo = 43.60, P = 0.0001, Fo = 140.47, P = 0.0001), there are differences in the average learning in the class of treatment with a class of learning control in 3 times learning (53.8 to 30.36; 60 to 37.5: 72.1 to 31.43). This difference was significant sequential (Fo = 88.77, P = 0.0001, Fo = 98.76, P = 0.0001, Fo = 245.92, P = 0.0001, the performance of students, characterized by behavioral skills, social and psychomotor skills assessment has increased.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fathul Zannah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Lecturer of Elementary Teacher Education

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

 

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Borich, Gary, D. 2005. Observation Skills of Effective Teaching. New York: Merril Publishing Company.
Champbell, Donald T & Julian, Stanley, 1996. Experimental and Quasi Experimental Design for Research On Teaching. Dalam N.L. Gage (penyunting). Handbook of Research On Teaching.A Project of the American Educational Research Association. Chicago: Departemen of The National Education Association.
Dwindiasih, Wahyuli. 2011. Pemahaman Konsep Keanekaragaman Hayati dan Etika Lingkungan Siswa SMAN 3 Banjarbaru melalui Pendekatan Lingkungan. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Biologi. Banjarmasin. Tidak Dipublikasikan.
Faizah, Kurniyatul. 2008. Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ibrahim, Muslimin, Fida Rachmadiarti, Mohamad Nur, Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Jalaludin, Dudung. 2009. Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Listrik Dinamis Dan Kecakapan Ilmiah Siswa SMA. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Malik, Adam. 2010. Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Virtual Laboratory Dan Real Laboratory Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Topik Listrik Dinamis. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Mulyati. 2009. Efektivitas Hasil Belajar Pembelajaran Inkuiri Dibandingkan Pembelajaran Konvensional Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V Sdn Kramatwatu di Kecamatan Kramatwatu Kabupten Serang Tahun Pelajaran 2008/2009. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Nur, Mohammad & Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah. Universitas Negeri Surabaya.
Ratumanan, T.G & Laurens, T. 2003. Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya : Unesa Universitas Press.
Schwarz, Christina V dan Yovita N. Gwekwerere. 2006. Using a Guided Inquiry and Modeling Instructional Framework (EIMA) to Support Preservice K-8 Science Teaching. Michigan: Michigan State University.
Solihat. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Perpindahan Energi Panas Untukmeningkatkan Penguasaan Konsep Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa SD. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sopamena, octavina. 2009. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Smk Pada Konsep Hasil Kali Kelarutan. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sulistina, oktavia. 2009. Keefektifan Penggunaan Metoda Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Laboratorium Malang Kelas X. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Suparman, ade. 2011. Efektivitas model pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan multimedia interaktif berbasis komputer untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa : studi eksperimen pada mata pelajaran kimia untuk siswa sma di kota serang. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutrisno, Joko. 2010. Menggunakan Keterampilan Berpikir untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. (http://www.erlangga.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=364&Itemid=405). Di akses tanggal 25 Agustus 2011.
Viyanti. 2009. Penggunaan Asesmen Kinerja Pada Praktikum Fluida Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Dan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Windarwati, Retno. 2010. Penerapan Asesmen Kinerja Pada Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Materi Cahaya Siswa SMP. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Yulinda, Ratna. 2011. Hasil Belajar, Kinerja, dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Pembelajaran Konsep Jenis dan Daur Ulang Limbah melalui Proses-Proses Problem Solving. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Biologi. Banjarmasin. Tidak Dipublikasikan.

Downloads

Published

2013-12-01

How to Cite

Zannah, F. (2013). Hasil Belajar dan Kinerja Siswa SMA pada Pembelajaran Konsep Protista Melalui Pendekatan Inquiri Terbimbing. Anterior Jurnal, 13(1), 69–79. https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.293