Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Tema 6 Subtema 1 Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom

Efforts To Improve Learning Outcomes For Theme 6 Subtema 1 Using The Google Classroom Application

Authors

  • Banjiriah Banjiriah SDN 3 Telangkah

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i2.4060

Keywords:

Google Classroom, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan Aplikasi Google Classroom pada siswa Kelas IV A SD Negeri 3 Telangkah  yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari  10 peserta didik laki-laki dan 26 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan : penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus 2. Pada  siklus 1 jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 66% atau 27 siswa, meningkat 20% pada siklus 2 menjadi 86% atau 39 peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dapat Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV A SD Negeri 3 Telangkah 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Banjiriah Banjiriah, SDN 3 Telangkah

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Ayuningsih, Franciska.2020“Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi Dengan Aplikasi Google Classroom Pada Materi Usaha dan Energi.” Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol. 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19
Darmawan, Yuda.2019 “Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas IX SD Jurusan IPS”
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Gunawan, A., & Riadin, A. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Adobe Photoshop Di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 28-35. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1746
Jailani, M., & Febrilianti, F. (2022). Analisis Efektivitas Pengelolaan Kelas Menggunakan Fitur Breakout Room Pada Aplikasi Zoom Meeting. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 44-52. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3386
Mustakim. 2020 “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Tematik”. Al aSD: Journal of Islamic Education ISSN 2715-2812 (Online) Vol. 2, No. 1, May 2020
S. Permadi, A., & Rahmani, R. (2020). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Google Apps For Education. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 48-52. https://doi.org/10.33084/suluh.v5i1.1314
Setyawan, D., & Chandra A.P. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2 (96-100).
Suharsimi, Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-09-24

How to Cite

Banjiriah, B. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Tema 6 Subtema 1 Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom: Efforts To Improve Learning Outcomes For Theme 6 Subtema 1 Using The Google Classroom Application. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 24–30. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i2.4060