Perbedaan Metode Inkuiri dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA

Differences in Inquiry Methods with Demonstration Methods for Science Learning Outcomes

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.760

Keywords:

Metode, Inkuiri, Demonstrasi, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan metode inkuiri dengan metode demonstrasi di Kelas IV SDN-4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN-4 Pahandut Palangka Raya yang berjumlah 42 orang, karena sampel kurang dari 100 orang maka semua anggota populasi dijadikan sampel untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik tes awal dan tes akhir (pre test dan post test), sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan, bahwa untuk sampel penelitian pada kelas IVa (Eksperimen I) yang berjumlah 21 peserta didik diperoleh, rata-rata ( = 83,33, selanjutnya diperoleh hasil perhitungan untuk sampel penelitian pada kelas IVb (Eksperimen II) yang berjumlah 21 peserta didik dengan nilai rata-rata = 74,52. Hasil belajar IPA dengan menggunakan metode inkuiri dan metode demonstrasi di kelas IV ternyata nilai t hitung = 2,841 lebih besar dari t tabel = 2,021 berarti ada perbedaan hasil belajar IPA yang menggunakan metode inkuiri dengan metode demonstrasi di Kelas IV SDN- 4 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2012/2013.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Andi Setiawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abu Ahmadi dan Joko Prasetya , 1997, Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Pustaka Setia.
Jumrodah, 2010, Inovasi Pendidikan, Palangka Raya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Eka Prathiwie, 2005, Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMP Negeri 3 Palangkaraya Dalam Penerapan Metode Penemuan dan Metode Ekspositori Pada Sub Pokok Bahasan Jajaran Genjang dan Belah Ketupat, UNPAR.
Eli Susanti, 2010, Hasil Belajar IPA Dilihat dari Penerapan Strategi Inkuiri Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Bukit Tunggal Palangka Raya Tahun Pelajaran 2009/2010, Palangka Raya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Esterina Sipangkar, 2012, Perbedaan hasil belajar IPA menggunakan metode inquiry dengan metode problem solving pada peserta didik kelas IV SDN-2 Bukit Tunggal tahun pelajaran 2011/2012, Palangka Raya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Haryanto, 2007, Sains Kelas IV SD, Jakarta : Erlngga.
Iqbal Hasan, 2002, Pokok – pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasi, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Roestiyah, N. K, 2008, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B), Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, 2007, Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi), Jakarta : Bumi Aksara.
Tri Antika Anggreini, 2011, Perbedaan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan media Konkret dan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 6 Langkai Palangkaraya, Palangkaraya : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Winarno Surachmad, 1994, Metodologi Pengajaran, Jakarta : Jempatan.

Downloads

Published

2017-02-18

How to Cite

Setiawan, M. A., & Trisnawatie, I. (2017). Perbedaan Metode Inkuiri dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar IPA: Differences in Inquiry Methods with Demonstration Methods for Science Learning Outcomes. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.760