Peningkatan Kompetensi Merancang Web dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek

Increasing Competence in Designing the Web by Using Project-Based Learning

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.769

Keywords:

Web, Pembelajaran berbasis proyek, Programming Language

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajarand engan menggunakan pembelajaran berbasis proyek dalam kompetensi merancang web mahasiswa. Pada pembelajaran berbasis proyek programming language, mahasiswa akan dapat menganalisis, bereksperimen, serta menciptakan atau merancang sebuah web yang baik, dan tentu akan dapat melayani apa pun permintaan pelanggan yang ingin memesan proyek web dalam dunia pekerjaan. Mahasiswa juga akan menjadi lulusan yang berkualitas apabila terlibat dalam perusahaan yang bergerak dalam bidang web (web developer), karena mereka akan dapat melayani permintaan permbuatan web dengan sangat baik dari pelanggan (client) yang sangat beraneka ragam . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman HTML mahasiswa dari base line awal sebesar 38%,ke siklus 3 sebesar 84%; (2) Analisis proyek mahasiswa dari base line awal sebesar 18%, ke siklus 3 sebesar 78%;(3) perancangan web mahasiswa dari base line awal sebesar 31%, ke siklus 3 sebesar 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Chandra Anugrah Putra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Blumenfeld, Phyllis C. Elliot.S, Ronald W. Marx, Joseph S. Krajcik, Mark Guzdial, dan Annemarie Palicsar. Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning.http://mathforum.org/wikis/uploads/Blumenfeld.motivating.project.based.pdf (diakses 6 April 2015).
Brooks, David R. 2007. An Introduction to HTML and JavaScript: for Scientists and Engineers. Norristown: Springer.
Brookshear , J. Glenn. 2013. Computer Science An Overview, 11th Edition. London: Pearson.
Capron, H.L. dan J.A. Johnson. 2004. Computers: Tools For An Information Age, 8th Edition. New Jersey: Pearson.
Duffy, Judy Lever dan Jean B. McDonald. 2011. Teaching and Learning with Technology. Boston: Pearson.
Evers, Frederick T., James C. Rush dan Iris Berdrow. 1998. The Bases of Competence: Skills For Lifelong Learning and Employability. California: Jossey-Bass Inc.
Laudon, Kenneth C., dan Jane P. Laudon, 2010. Management Information Systems: Managing The Digital Firm. New Jersey: Pearson.
Marakas, O’ Brien. 2011. Management Information Systems. New York: McGraw-Hill.
McLeod, Raymond Jr., dan George P. Schell. 2009. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba.
NYC Department of Education. Project-Based Learning: Inspiring Middle School Students to Engage in Deep and Active Learning. http://schools.nyc.gov/documents/teachandlearn/project_basedFinal.pdf (diakses 6April 2015).
Oliver,Dick. 1996. Netscape 2. Indianapolis: Sams.net.
Patton, Alec., dan Jeff Robin. Work That Matters: The Teacher’s Guide to Project-Based Learning. http://www.innovationunit.org/sites/default/files/Teacher%27s%20Guide%20to%20Project-based%20Learning.pdf (diakses 6 April 2015).
Rainer, R. Kelly dan Casey G. Cegielski. 2011. Introduction to Information Systems: Enabling and Transforming Business, Third Edition. New Jersey: John Wiley.
Tomei,Lawrence A. 2005. Taxonomy For The Technology Domain. London: Idea Group.
Wilson, Lisa Sabin., Cory Miller, Kevin Palmer, Andrea Rennick, and Michael Torbert. 2011. Wordpress All In One for Dummies. New Jersey: Wiley Publishing.

Downloads

Published

2016-02-18

How to Cite

Putra, C. A. (2016). Peningkatan Kompetensi Merancang Web dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek: Increasing Competence in Designing the Web by Using Project-Based Learning. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–45. https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.769