Prospek Pengembangan Wisata Danau Bulat Di Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah

Prospects Of Tourism Development In Round Lake Katingan Central Kalimantan

Authors

  • Ise Afitah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/daun.v2i2.628

Keywords:

Tourism, Development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat wisata bagi pengembangan ekonomi wilayah dan prospek pengembangan wilayah. Hasil yang diharapkan dari penelitian adalah diperolehnya informasi tentang potensi wisata yang ada di Danau Bulat, sehingga dapat mendukung perkembangan kawasan tersebut serta adanya informasi tentang manfaat ekonomi, permintaan ekowisata dan penilaian yang wajar terhadap keberadaan kawasan wisata oleh masyarakat di Jahanjang sebagai dasar pengembangan wisata. Pengunjung di objek wisata danau bulat sebagaian besar merupakan penduduk kota Kasongan. Kawasan wisata Danu Bulat mempunyai nilai bagi masyarakat, sehingga cukup alasan untuk mempertahankan dan mengembangkannya. Kegiatan wisata di objek wisata Danau Bulat berdampak positip terhadap perekonomian di sekitar objek wisata Danau Bulat yang diperkirakan manfaat ekonominya pada tahun 2015 mencapai Rp242juta, dimana yang masuk ke pengelola sebesar Rp99,6juta dan yang masuk ke pedagang makanan dan minuman sebesar Rp142,4juta. Wisata di Danau Bulat masih prospektif untuk dikembangkan dengan strategi pengembangan berupa perbaikan manajemen organisasi lapangan, penyelamatan sarana dan prasarana dari kerusakan, memfungsikan sarana dan prasarana yang telah ada, penyesuaian retribusi, meningkatkan pemasaran dan mendesain tata ruang kawasan pemanfaatan dengan menitik beratkan pada daya tarik unggulan kawasan wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ise Afitah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Anonim. 1996. Keputusan Dirjen Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam No. 129/Kpts/DJ-VI/1996 perihal Pola Pengelolaan Kawasan Suaka Alam, Kawasan Pelestarian Alam, Taman Buru dan Hutan Lindung, Jakarta.
Linberg, K and E.H. Donald.1995. Ekoturism Petunjuk untuk Perencana dan Pengelola. Terjemahan Yayasan Alam Mitra Indonesia, Jakarta
Mackinnon, J. 1993. Pengelolaan Kawasan yang Dilindungi di Daerah Tropis. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Rangkuti, F. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 188 h.
Singarimbun, M. 1989. Metode dan Proses Penelitian. Metode Penelitian Survei (M. Singarimbun dan S. Effendi (Editor)), LP3ES, Jakarta. 336 hal.
Suwarya, N. 1995. Permintaan dan Manfaat Rekreasi Hutan di KPH Purwakarta. Thesis Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Wind, Y . 2000. The Potensial For Eco – Tourism in Berau Forest Area. Report Prepared For PT. Inhutani I and Berau Forest Management Project, Jakarta.

Downloads

Published

2015-12-01

How to Cite

Afitah, I. (2015). Prospek Pengembangan Wisata Danau Bulat Di Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah: Prospects Of Tourism Development In Round Lake Katingan Central Kalimantan. Daun: Jurnal Ilmiah Pertanian Dan Kehutanan, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.33084/daun.v2i2.628