Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Guru PAI Dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pembelajaran SDN Telangah Kecamatan Katingan Hilir

Authors

  • Hunainah Hunainah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v4i1.1561

Keywords:

Standar Nasional Pendidikan, mendidik, mengajar

Abstract

Dalam upaya menngkatkan mutu pendidikan nasional, pemerintah khususnya melalui Depdiknas terus menerus berupaya melakukan berbagai perubahan dan pembaruan sistem pendidikan. Salah satu upaya yang sudah dan sedang dilakukan, yaitu berkaitan dengan faktor guru. Lahirnya Undang-undnag No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Perturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pada dasarnya merupakan kebijakan pemerintah yang di dalamnya memuat usaha pemerintah untuk menata dan memperbaiki mutu guru di Indonesia. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama, mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Sistem pendidikan guru sebagai suatu objek sistem pendidikan nasional merupakan faktor kunci dan memiliki peran yang sangat strategis, pada hakikatnya penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan pada semua jenjang dan semua satuan pendidikan ditentukan oleh faktor guru, di samping perlunya faktor penunjang lainnya.

Dalam Standar Nasional Pendidikan, Penjelasan pasal 28 ayat 3 butir a dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengatualisasikan berbagai kompetensi yang dimilikinya. Metode pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi, akan menghambat tercapainya tujuan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hunainah Hunainah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Al- Masykuri, Maukuf, Guru Harapan Bangsa (Mengembalikan Fitrah Guru Sejati, Membangun Pendidikan Berkarakter dan Berdaya Saing), Jakarta: Muda Cendikia, 2011.
Daryanto, Inovasi Pembelajaran Efektif, Bandung: Yrama Widya, 2013.
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhineka Cipta, 2008
Lexy, J. Moleong, Metode Penelitiam Kualitatif, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2005.
Jejen, Masfah, Peningkatan Kompetensi Guru: melalui Pelatiahan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana, 2011.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru, Jakarta: Ms, 2012.
Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu, Malang: UIN Maliki Press, 2010
Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks menyukseskan MBS, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Ngalimu Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Nurani Sujiono, Juliani, Mengajar dengan Portofolio, Jakarta: Indeks, 2010.
Piet A.,Sahertian dan Frans Mataheru, Prinsip dan teknik Supervisi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
Pius, P Partanto dan M Dahlan Al-Barry, kamus Ilmiyah Populer, Surabaya: Arloka, 1994.

Downloads

Published

2017-07-05

How to Cite

Hunainah, H. (2017). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Guru PAI Dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Pembelajaran SDN Telangah Kecamatan Katingan Hilir. Jurnal Hadratul Madaniyah, 4(1), 47–52. https://doi.org/10.33084/jhm.v4i1.1561