Pengaruh Penguasaan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Intidaiyah Miftahul Huda I Kota Palangka Raya

  • Ngismatul Choiriyah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Kualitas pendidikan, kompetensi pedagogik

Abstract

Upaya mempertinggi tingkat kemajuan diberbagai sektor kehidupan, bangsa Indonesia dengan segala potensi yang ada terus berupaya memacu dan mengembangkan berbagai bidang yang dilaksanakan secara bertahap berkesinambungan serta melalui kegiatan pembangunan jangka pendek dan jangka panjang dengan melibatkan seluruh rakyat Indonesia yang tersebar di plosok nusantara, sehingga gerak pembangunan terasa lebih merata dan dapat mencapai tujuan pembangunan nasional. Menyahuti era otonomi daerah yang telah pemerintah berikan seluas-luasnya kepada tiap daerah dalam rangka pemerataan pembangunan disegala bidang agar dapat melahirkan manusia potensial, terampil dan berkualitas, manusia diharapkan mampu melaksanakan dan menggerakkan pembangunan bangsa kearah yang lebih maju serta mampu memacu produktifitas pembangunan yang lebih baik dan bermutu. Salah satu faktor yang mengakibatkan tinggi rendahnya kualitas pendidikan disebuah sekolah adalah kompetensi yang dimiliki oleh guru baik ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesionalnya. Kualitas pendidikan yang dimaksudkan adalah dapat terlihat pada prestasi yang diraih siswa dalam setiap pelajaran. Maka dalam hal ini kompetensi guru dapat dimaknai sebagai gambaran tentang apa seyogyanya dapat dilakukan seorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya baik berupa kegiatan, berperilaku,  maupun hasil yang dapat ditunjukan. Dalam peraturan menteri pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 disebutkan ada empat kompetensi guru, yaitu : 1) kompetensi pedagogik, 2) kompetensi kepribadian, 3) kompetensi sosial, 4) kompetensi professional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ngismatul Choiriyah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Al- Masykuri, Maukuf, Guru Harapan Bangsa (Mengembalikan Fitrah Guru Sejati, Membangun Pendidikan Berkarakter dan Berdaya Saing), Jakarta: Muda Cendikia, 2011.
Daryanto, Inovasi Pembelajaran Efektif, Bandung: Yrama Widya, 2013.
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhineka Cipta, 2008
Lexy, J. Moleong, Metode Penelitiam Kualitatif, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2005.
Jejen, Masfah, Peningkatan Kompetensi Guru: melalui Pelatiahan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana, 2011.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru, Jakarta: Ms, 2012.
Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu, Malang: UIN Maliki Press, 2010
Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks menyukseskan MBS, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Ngalimu Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Nurani Sujiono, Juliani, Mengajar dengan Portofolio, Jakarta: Indeks, 2010.
Piet A.,Sahertian dan Frans Mataheru, Prinsip dan teknik Supervisi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
Pius, P Partanto dan M Dahlan Al-Barry, kamus Ilmiyah Populer, Surabaya: Arloka, 1994.
Published
2017-07-12
How to Cite
Choiriyah, N. (2017). Pengaruh Penguasaan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Intidaiyah Miftahul Huda I Kota Palangka Raya. Jurnal Hadratul Madaniyah, 4(2), 69-73. https://doi.org/10.33084/jhm.v4i2.1564