Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Wayang Kreasi Pada Peserta Didik Kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Lilik Kholisotin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Vicky Pratiwi Rachmawati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Hasil belajar bahasa Arab, Media Wayang Kreasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya pada saat pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran Wayang Kreasi. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya pada saat pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran Wayang Kreasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya yang berjumlah sebanyak 38 orang peserta didik, terdiri dari 22 laki-laki dan 16 perempuan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan media pembelajaran Wayang Kreasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya pada saat pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran Wayang Kreasi menjadi baik. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh pada siklus I aktivitas peserta didik dengan rata-rata 2,69 masih dalam kategori cukup baik dan pada siklus II aktivitas peserta didik dengan rata-rata 3,55 sudah termasuk dalam kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya setelah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran Wayang Kreasi. Pada siklus I hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 64 dengan ketuntasan klasikal 58% dan pada siklus II hasil belajar peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal 89,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Lilik Kholisotin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Vicky Pratiwi Rachmawati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
F. Hidayat, Amir dan E. N. Rahmani. 2009. Bahasa-Bahasa Dunia & Peristilahan dalam Bahasa. Jawa Barat: CV Pustaka Grafika.
Guntur Tarigan, Henry. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa 1. Bandung: ANGKASA.
Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Kirana, Vemaska. 2016. “Pembelajaran Kesenian Wayang Kreasi Untuk Mengetahui Minat Anak Terhadap Wayang”, Jurnal UNNES, Vol. 1, No. 1, Oktober 2016.
Kresna, Ardian. 2012. Mengenal Wayang. Yogyakarta: Laksana.
Paizaluddin dan Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta.
Suyadi. 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: ANDI.
Published
2019-07-29
How to Cite
Rahmaniati, R., Kholisotin, L., & Rachmawati, V. P. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Wayang Kreasi Pada Peserta Didik Kelas III A MIN 2 Kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(1), 1-9. https://doi.org/10.33084/jhm.v6i1.876

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>