Edukasi Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality

Authors

  • Maura Widyaningsih STMIK Palangkaraya
  • Wina Wulandari STMIK Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v2i1.1161

Keywords:

Rancang Bangun, Edukasi, Tata Surya, Augmented Reality

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan objek dunia virtual atau dunia maya dengan dunia nyata. Teknologi ini pada umumnya dikembangkan pada PC dekstop seiring kemajuan teknologi banyak aplikasi yang mengadopsi teknologi ini kedalam sebuah aplikasi smartphone. Penerapan teknologi ini dapat membantu memfasilitasi dalam pembelajaran dengan menampilkan objek 3D dan animasi yang diharapkan membuat lebih memahami materi mengenai tata surya. Media AR ini juga merupakan alat bantu ajar untuk melengkapi metode pembelajaran yang sudah ada sebelumnya agar lebih menunjang program pembelajaran dalam membantu penyampaian materi tentang tata surya. Dalam membangun aplikasi AR menggunakan Unity 3D dan Vuforia untuk membangun aplikasi AR Tata Surya dari tahap awal sampai tahap akhir pembuatan aplikasi, yang mana beberapa tahap tersebut terdiri dari: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Karakter planet yang dibangun dalam aplikasi ada 9 planet terdiri dari Matahari, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Aplikasi tata surya memiliki 2 marker yaitu marker planet dan marker tata surya sebagai penanda untuk menampilkan objek 3D. Aplikasi Augmented Reality ini mendukung pembelajaran pengenalan tata surya  berbasis Android, minimal versi 5. Karakter dan navigasi menggunakan layar sentuh untuk memunculkan obyek planet dan penjelasannya

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Maura Widyaningsih, STMIK Palangkaraya

STMIK Palangkaraya

Program studi Teknik Informatika

Wina Wulandari, STMIK Palangkaraya

STMIK Palangkaraya

Program Studi Teknik Informatika

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran, Rajawali Pers, Jakarta.
Binanto, Iwan . 2010. Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
Irfanyulianto. 2017. Manfaat Media Pembelajaran bagi Guru dan Siswa., https://irfanyulianto.com/manfaat-media-pembelajaran-bagi-guru-dan-siswa/
Gumelar, S.F. 2014. Pengertian dan Macam-macam Multimedia Pembelajaran., https://alfjrshare.blogspot.com/2014/02/pengertian-dan-macam-macam-multimedia.html.
Ranmiska, F. 2017. Aplikasi Multimedia Belajar Bahasa Inggris, Tugas Akhir. STMIK Palangkaraya, Palangkaraya.
Retnoningsih, E. 2016. Metode Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Pada Sekolah Dasar Berbasis Computer Based Instruction (CBI), Bina Insani ICT Journal. 3 (1): 194 – 204.
Sadiman, Arief S., dkk. 2011. Media Pendidikan : Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Rajawali Pers. Jakarta.
Safaat, Nazruddin H. 2011. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika Bandung, Bandung.
Sagita, Amalia. 2014. Pelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality, Jurnal Faktor Exacta 7(3): 224-235, 2014 ISSN: 1979-276X.
Sam’ani. Annisa, S., Heri., 2018. Rancang Bangun Aplikasi Pengawasan Dan Pengendalian Komputer Laboratorium Multimedia STMIK Palangkaraya. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 1 e-ISSN 2655-7460.
https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.548
Sutopo, Ariesto H. 2011. Mutimedia Interaktif dengan Flash, Graha Ilmu. Yogyakarta.
Suyanto, M. 2013. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi. Yogyakara.
Sulaiman, 14 Jun 2011,” Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran”. http://sulaiman-ump.blogspot.com /search/label/Fungsi%20dan%20Manfaat%20Media%20Pembelajaran
Syaiful. I, 2014. “Ciri-Ciri yang Melekat dan Dimiliki Media Pembelajaran”., https://ilmu-pendidikan.net/pembelajaran/media-pembelajaran/ciri-ciri-yang-dimiliki-media-pembelajaran
Widyaningsih, M. dan Zunfikar, M. I Y. 2017. As Media Augmented Reality Promotion of College with Marker Logo in Brochure. International Journal of Scientific Research and Management. (IJSRM).
Widyaningsih, M. dan Dini, N. F. 2019. Pemilihan Notebook pada “DAS Computer” dengan Pendekatan Metode Weighted Product . Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 2 e-ISSN 2655-7460.
https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i2.871

Downloads

Published

2019-11-04

How to Cite

Widyaningsih, M., & Wulandari, W. (2019). Edukasi Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(1), 29–39. https://doi.org/10.33084/jsakti.v2i1.1161