Inovasi Pemerintahan Digital Melayani Berbasis Sistem Layanan Aspirasi Dan Informasi Pada Kelurahan Oebufu

Authors

  • Olivia M. I. Tavares Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STIKOM) Uyelindo
  • Fransiskus Mario Hartono Tjiptabudi STIKOM Uyelindo Kupang

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i1.1662

Keywords:

Layanan, Aspirasi, Informasi, Digital melayani (Dilan), Global eXTreme Programming (GXP)

Abstract

Kelurahan Oebufu merupakan instansi pemerintahan yang memiliki tugas pokok untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik pelayanan yang bersifat informatif maupun administratif, serta pelayanan lainnya di berbagai bidang kehidupan masyarakat seperti ekonomi, sosial dan sebagainya. Adapun dalam menjalankan tugas tersebut, di Kelurahan Oebufu belum terdapat sarana yang dapat menginformasikan berbagai bentuk layanan, program serta berbagai informasi sehingga masyarakat kesulitan dalam mengakses informasi tersebut. Selain masalah penyebaran informasi, masyarakat juga kesulitan dalam menyampaikan berbagai bentuk aspirasi ataupun keluhan seperti masalah sampah, kondisi sosial masyarakat dan lain sebagainya. Seraya mendukung program pemerintahan digital melayani (Dilan) serta sebagai upaya membantu menanggulangi setiap masalah yang dihadapi, memajukan kinerja pelayanan, meningkatkan transparansi informasi dan saluran aspirasi masyarakat di Kelurahan Oebufu, maka dilakukan sebuah inovasi berbasis sistem layanan online. Sistem yang dibangun menggunakan model Global eXtreme Programming (GXP) ini akan menghasilkan aplikasi berbasis Android dan SMS gateway dengan memanfaatkan web service.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Olivia M. I. Tavares, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STIKOM) Uyelindo

Fransiskus Mario Hartono Tjiptabudi, STIKOM Uyelindo Kupang

References

Amri. 2016. Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Menunjang Terwujudnya Makassar Sebagai “Smart City”. Jurnal Komunikasi KAREBA. Vol. 5 No.2.
Budianta, A. 2020. Menuju Pemerintahan Digital. Artikel DJKN. Diakses pada https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13266/Menuju-Pemerintahan-Digital.html.
Doll W.J., Torkzadeh G. 1998. The Measurement of End User Computing Satisfaction. 12th Edition. South Western (US): MIS Quarterly.
Ferdiana R. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak yang Dinamis dengan Global eXtreme Programming. Yogyakarta (ID): Andi Offset.
Munawar. 2008. Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta (ID): Graha Ilmu.
Tjiptabudi FMH, Igon SS, Bernardino R. 2018. Evaluation of User Satisfaction for Passer Border Information System: The State of Indonesia and Timor-Leste. JSI: Jurnal Sistem Informasi, Vol. 14, No. 1.
United Nations Development Programme. 1997. Governance for Sustainable Human Development : a UNDP Policy Document. New York: UNDP.
Wibawa IGA., Antarini L. 2020. Sistem Digital Tata Kelola Pemerintahan Daerah (Digital Local Government). Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik. Vol. 5. No. 1.

Downloads

Published

2020-11-13

How to Cite

Tavares, O. M. I., & Tjiptabudi, F. M. H. (2020). Inovasi Pemerintahan Digital Melayani Berbasis Sistem Layanan Aspirasi Dan Informasi Pada Kelurahan Oebufu. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(1), 10–23. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i1.1662