Implementasi Algoritma Vertical Bit Rotation (VBR) Pada File Teks

Authors

  • Yeffriansjah Salim STMIK indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i1.1742

Keywords:

Algoritma VBR, Enkripsi, File Teks

Abstract

Kriptografi adalah suatu ilmu untuk menyembunyikan suatu informasi. Apabila seseorang menerima atau mengirim pesan pada jaringan, ada empat hal persoalan yang penting, yaitu kerahasiaan, autentikasi, keutuhan dan non repudiation. Kerahasiaan adalah bahwa data kita tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berkepentingan. Autentikasi memberi garansi keaslian data serta dengan siapa kita berhubungan. Keutuhan memberi garansi bahwa data tidak mengalami perubahan sewaktu dalam perjalanan, dan non repudiation berarti si pengirim informasi tidak dapat menyangkal bahwa pesan yang dikirim bukan darinya. Salah satu dari bagian kriptografi adalah fungsi hash satu arah. Hash adalah suatu kode dari hasil enkripsi yang umumnya terdiri dari huruf maupun angka yang acak. Kegunaan hash satu arah untuk mempermudah proses enkripsi menjadi cipher text dengan meningkatkan kesulitan perubahan ke plaintext. Salah satu fungsi hash yang paling banyak digunakan adalah Vertical Bit Rotation (VBR). Penelitian ini membuat model implementasi algoritma vertical bit rotation (VBR) pada file teks, mulai dari membuat file teks (plaintext), proses enkripsi pada metode perputaran VBR ini mengubah posisi bit 11, 4, 2, 5, 10, 9, 5, dan 7 pada karakter yang telah diubah dalam bentuk nilai biner, selanjutnya akan disimpan ke dalam file teks, melakukan proses dekripsi file teks menggunakan algoritma VBR, dan membandingkan plaintext dengan isi file teks hasil dekripsi menggunakan algoritma VBR. Hasil dari penelitian dengan menggunakan 30 sampel plaintext yang dibuat secara acak (random) menghasilkan nilai accuracy 86,67%.sebanyak 4 sampel data mengalami kegagalan informasi dan tidak sesuai dengan plaintext disebabkan proses konversi dari bilangan biner ke ASCII menjadi karakter ciphertext terutama nilai ASCII yang tidak memiliki karakter yang khusus seperti nilai 00, 01, 09, 10, 13, 28, 29, 30, 31, dan 32.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yeffriansjah Salim, STMIK indonesia

References

Kurniawan, Yusuf .Kriptografi: Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi, Informatika, Bandung, 2004
Munir, Rinaldi .Pengantar Kriptografi. Institut Teknologi Bandung, Bandung. 2004
Munir, Rinaldi . Kriptografi. Informatika. Bandung. 2006.
Prihantoro Putro, Hanson . Teknik Kriptografi Block Cipher dengan VBR (Perputaran Bit Vertikal), STEI ITB, Bandung, 2007.
Sapto Purwandoko, Roni .Aplikasi Penyimpanan File OnlineDengan Enkripsi Menggunakan Modifikasi Algoritma Vertical Bit Rotation (Vbr) 32 Bit. Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia. 2010
Rudi Hartono . Aplikasi Penyimpanan File Online Menggunakan Algoritma Vertical Bit Rotation (VBR) 32 Bit. Pelita Informatika Budi Darma, Volume : IX, Nomor: 1, Maret 2015
Yohana Romian Febrianti Tamba . Implementasi Algoritma Vertical Bit Rotation Pada Keamanan Data Nasabah (Studi Kasus : PT. Asuransi Allianz Life Indonesia). Jurnal Ilmiah Infotek, Vol 1, No 1, Februari 2016.
Ebiet Nico Citra . Penerapan Algoritma Vertical Bit Rotation (VBR) Dalam Penyimpanan File Online. MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem) Volume 3 No. 1, Juni 2018.
Avon Budiyono, Enkripsi Data Kunci Simetris dengan Algoritma Kriptografi LOKI97, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2004.
Kromodimoeljo, Sentot. Teori dan Aplikasi Kriptografi. SPK IT Consulting. 2010.

Downloads

Published

2020-11-14

How to Cite

Salim, Y. (2020). Implementasi Algoritma Vertical Bit Rotation (VBR) Pada File Teks. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i1.1742