Implementasi Metode Simple Additive Weighting(SAW) Untuk Evaluasi Kinerja Dosen Pada Stmik Bina Mulia Palu

Authors

  • Dewi Kusumawati STMIK BINA MULIA Palu
  • Siti Nurhayati Universitas Yapis Papua Jayapura
  • Fitriyanti Andi Masse STMIK BINA MULIA Palu

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i1.1823

Keywords:

sistem pendukung keputusan, evaluasi kinerja dosen, simple additive weightingIntroduction

Abstract

Dosen yang kapasitasnya sebagai seorang pendidik di lingkungan perguruan tinggi memegang peran utama dalam proses belajar mengajar, dosen sangat menentukan perkembangan dan kemampuan siswa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, lembaga pendidikan yang dalam ini merupakan induk kerja dari para dosen, sangat berkepentingan dalam menjaga mutu para dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjaga mutu dosen dalam proses belajar mengajar dengan melakukan penilain evaluasi kinerja dengan membagun sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, dalam aplikasi ini metode yang digunakan untuk mendukung penilaian evaluasi kinerja dosen adalah Simple Additive Weighting (SAW). Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode pengembangan sistem model waterfall. Ada lima kriteria penilaian yang digunakan dalam penelitian ini yakni, (1) Penguasaan dan kemampuan dalam menjelaskan, (2) Kemampuan dalam menjawab pertanyaan , (3) Kemampuan dalam memberi motivasi mahasiswa, (4) Kemampuan membuat suasana kelas menyenangkan, (5) Kedisiplinan hadir dalam perkuliahan. Hasil penelitian dapat mendukung keputusan pada penilaian evaluasi kinerja dosen menggunakan kriteria yang telah ditentukan dan proses lain yang terkait dalam penilaian evaluasi kinerja dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dewi Kusumawati, STMIK BINA MULIA Palu

Siti Nurhayati, Universitas Yapis Papua Jayapura

Fitriyanti Andi Masse, STMIK BINA MULIA Palu

References

Mulyadi, “Sistem Perancangan dan Pengendalian Manajemen,” in 3, 2007.
S. Kusumadewi and I. Guswaludin, “Fuzzy Multi-Criteria Decision Making,” Media Inform., 2005.
Ifo Wahyu Pratama, “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Dosen dengan Metode Technique For Order By Similarity To Ideal Solution ( Topsis ) & Preference Ranking Organization For Evaluation ( Promethee ),” J. Cendekia, 2018.
L. Amsir, A. R. Manga, and H. Harlinda, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam Penentuan Fakultas Terbaik,” Pros. SAKTI (Seminar Ilmu Komput. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 141–147, 2019.
S. Syam, “Sistem Pendukung Keputusan Kinerja Dosen Menggunakan Metode Weighted Product ( Studi Kasus : Fakultas Teknik Univesitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang ),” Unistek, vol. 5, no. 1, pp. 12–16, 2018.
T. D. Rachmawati, Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kredit, 1st ed. Yogyakarta: Diva Media, 2013.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multiverat Dengan Program SPSS. 2013.
R. A.S and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika. 2015.

Downloads

Published

2020-11-14

How to Cite

Kusumawati, D., Nurhayati, S., & Masse, F. A. (2020). Implementasi Metode Simple Additive Weighting(SAW) Untuk Evaluasi Kinerja Dosen Pada Stmik Bina Mulia Palu. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(1), 116–122. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i1.1823