Implementasi Sistem Informasi Rancangan Kerja Tahunan Pada Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Murung Raya

Implementation of the Annual Work Plan Information System at the National and Political Unity Agency of Murung Raya Regency

  • Bayu Pratama Nugroho STMIK Palangkaraya
  • Ferdiyani Haris STMIK Palangkaraya
  • Kristo Andri Anugrahno STMIK Palangkaraya
Keywords: sistem, informasi, sistem informasi, rancangan kerja tahunan, bangsa dan politik kabupaten murung raya, SDLC

Abstract

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Murung Raya adalah salah satu instansi pemerintahan yang bergerak dalam bidang kesatuan dan politik. Sebagai instansi pemerintahan yang bertanggung jawab dalam bidang kesatuan serta politik tingkat Kabupaten di Kalimantan Tengah, pengolahan data serta informasi haruslah cepat dan akurat khususnya dalam hal pengolahan data rancangan kerja tahunan yang saat ini dikerjakan. Pengolahan data rancangan kerja tahunan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Murung Raya saat ini masih menggunakan aplikasi perkantoran yang umum digunakan yaitu Microsoft Office Excel. Penggunaan aplikasi ini belum banyak meningkatkan efisiensi kerja terutama dalam pembuatan laporan, sehingga kebutuhan akses informasi secara terkomputerisasi merupakan salah satu solusi agar dapat memberikan laporan pengolahan data rancangan kerja tahunan dengan cepat dan akurat. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah menggunakan metode SDLC yang sudah dikembangkan dari model Waterfall, karena metode SDLC ini terdiri dari tahap-tahap yang memberikan kemudahan, jika pada satu tahap tidak sesuai atau mengalami kesalahan maka dapat kembali ke tahap sebelumnya. Tahapan desain sistem dan perancangan database yang digunakan mulai dari Diagram Konteks, DFD Level dan ERD yang menghasilkan suatu database untuk pembuatan program. Pengelolaan data menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 serta Microsoft Access 2007 sebagai media penyimpanan data.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bayu Pratama Nugroho, STMIK Palangkaraya
Ferdiyani Haris, STMIK Palangkaraya
Kristo Andri Anugrahno, STMIK Palangkaraya

References

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Asmaranti, W., Andayani, S., 2018. Mengapa Media Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Penting? Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, VI (2), 2018, 146-157.
Bukhori, A., 2011, Analisis Dan Pengembangan Lanjutan Aplikasi Sireka (Sistem Informasi Rencana Kegiatan Dan Anggaran) Bagian Penyusunan Rencana Badan Pusat Statistik, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Euis, A., 2016. Modernisasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), Vol. 4, No. 2, Hal. 185-196.
Indarwati, I., 2013, Rancang Bangun Sistem Informasi Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Pada Kelurahan Karangturi Gresik, Thesis, Universitas Dinamika.
Mayudho, I., Supriyanto, A., 2020. Penggunaan Pembelajaran Media Elektronik Untuk Pendidikan, Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.
Mumpuni, I., D., Dewa, W., A. 2017. Analisis Dan Pengembangan Sistem Self Services Terminal (Sst) Dengan Pendekatan Pieces Pada Stmik Pradnya Paramita Malang. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Vol. 9, No. 1.
Parsaorantua, P., H., Pasoreh, Y., Rondonuwu, S., A. 2017. Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Tentang Web E-Government Di Kominfo Kota Manado). e-journal Vol. VI. No. 3.
Pratiwi, T., Widodo, S., Kanthi, Y. A., 2018, Sistem Informasi Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Bidang Pembangunan Infrastruktur Berbasis Web (Studi Kasus : Desa Pandanlandung Kecamatan Wagir Kabupaten Malang). SYSTEMIC : Information System and Informatics Journal, Vol. 4, No. 2, pp. 30-35
Published
2021-05-20
How to Cite
Nugroho, B., Haris, F., & Anugrahno, K. (2021). Implementasi Sistem Informasi Rancangan Kerja Tahunan Pada Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Murung Raya. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 40-50. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2206