Analisis Kebenaran Informasi Dan Kegunaan Situs Web Bp Paud Dan Dikmas Nusa Tenggara Timur

Analysis of the Truth of Information and Usability of Web Sites Bp Paud and Dikmas East Nusa Tenggara

  • Marnia Yasin STIKOM Uyelindo Kupang
Keywords: Information Literacy Theory, information reliability, SPBE, Usability, Website, WEBUSE

Abstract

BP PAUD Dan Dikmas NTT merupakan sebuah instansi yang memiliki begitu banyak mitra satuan pendidikan yang tersebar di setiap kabupaten/kota  dan dalam rangka mendukung kebijakan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) maka BP PAUD Dan Dikmas NTT telah membangun dan menerapkan situs web responsive yang lahir sebagai pendukung layanan informasi publik terhadap mitra, masyarakat umum maupun instansi. Sebagai media informasi, situs web ini perlu dievaluasi dari segi kebenaran informasi yang dipublikasikan dan kegunaannya untuk mengetahui apakah situs web telah mampu mencapai tujuannya sebagai media pendukung layanan informasi yang faktual dan berguna pada BP PAUD Dan Dikmas NTT. Adapun tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebenaran informasi yang dipublikasikan pada situs web BP PAUD Dan Dikmas NTT berdasarkan faktor/variabel pada Teori Literasi Informasi serta mengevaluasi kegunaan dari situs web tersebut berdasarkan metode WEBUSE guna memberikan rekomendasi perbaikan guna memenuhi persyaratan sebagai sebuah media informasi berbasis web yang faktual dan berguna. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dari aspek kebenaran informasi berdasarkan Teori Literasi Informasi memperoleh rerata skor 4 atau dikategorikan dalam keadaan baik/tinggi, sedangkan dari aspek kegunaan, perhitungan poin usability yang dilakukan berdasarkan metode WEBUSE memperoleh poin usability sebesar 0,66 atau termasuk dalam level “Good”. Hasil ini  menunjukkan bahwa situs web BP PAUD Dan Dikmas NTT dapat dikatakan telah memenuhi syarat sebagai sebuah media informasi berbasis web yang faktual dan berguna tetapi dengan beberapa permasalahan minor yang harus diperbaiki atau ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marnia Yasin, STIKOM Uyelindo Kupang

References

Ai Lien, D., Gunawan, A.W., Aruan D.A. dan Kusuma, S. 2014. Literasi Informasi: 7 Langkah Knowledge Management. Jakarta (ID): Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Akhsan, A.A. dan Faizah. 2017. Analisis dan Perancangan Interaksi Chatbot Reminder dengan User Centered Design. Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information Systems), vol. 13, no. (2), pp. 78-89..
Amri. 2016. Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Menunjang Terwujudnya Makassar Sebagai Smart City. Jurnal Komunikasi KAREBA, vol. 5, no. 2, pp. 431-445.
Azwar, M. 2013. Information Literacy Skills: Strategi Penelusuran Informasi Online. Makassar (ID): Alauddin University Press.
Baltzan, P. dan Philips, A. 2009. Essentials of Business Driven Information Systems. New York (US): McGraw-Hill.
BP PAUD dan Dikmas NTT. 2020. Rencana Kerja Tahunan BP PAUD dan Dikmas NTT Tahun 2021. Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia - Kupang.
Chiew, K.T. dan Salim, S.S. 2003. WEBUSE: Website Usability Evaluation Tool. Malaysian Journal of Computer Science, vol. 16, no. 1, pp. 47-57.
Dahlan, A.I. 2016. Evaluasi Informasi Online pada Situs Web Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta [Skripsi]. Jakarta (ID): Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Dewi, I.K., Mursityo, Y.T. dan Putri, R.R.M. 2018. Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taksi Perdana Menggunakan Metode Webuse dan Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 8, pp. 2909-2918.
Hair, J.F., Black, W., Babin, B. dan Anderson, R. 2010. Multivariate Data Analysis. 7th Edition. New York (US): Prentice Hall International, Inc.
Kemdikbud. 2020. Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Anak Usia Dini per Provinsi : Prov. Nusa Tenggara Timur. Kemdikbud [Internet]. [diakses 14 Oktober 2020]. Tersedia pada: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=240000&level=1.
Marcus, A. 2011. Design, User Experience and Usability Part 1 and Part 2. Orlando (US): Springer.
Praditya, D. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Tingkat Pemerintahan Desa. Jurnal Penelitian Komunikasi, vol. 17, no. 2, pp. 129-140.
Rochmansjah, H. 2019. Application of Good Governance Principles in Government: Perspective of Public Services. International Journal of Science and Society, vol. 1, no. (4), pp. 1-8.
Tjiptabudi FMH. 2018. Evaluasi Kegunaan Sistem Informasi Pelintas Batas Wilayah Negara (Sintaswin) Pada PLBN Terpadu di Nusa Tenggara Timur, Jurnal Teknologi Terpadu (JTT), vol. 4, no. 1, pp. 44-48.
Published
2021-05-20
How to Cite
Yasin, M. (2021). Analisis Kebenaran Informasi Dan Kegunaan Situs Web Bp Paud Dan Dikmas Nusa Tenggara Timur. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 29-39. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2228