Implementasi Framework Laravel pada Rancang Bangun Website IAKN Palangka Raya dengan Metode Prototype

Implementation of the Laravel Framework in the Website Design of Iakn Palangka Raya with the Prototype Method

Authors

  • Agri Apriliando Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2238

Keywords:

framework laravel, framework bootstrap, rancang bangun, website, prototype

Abstract

Pelayanan informasi yang dilakukan oleh Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya melalui media cetak, spanduk dan media sosial dirasa kurang optimal. Hal ini karena belum tersedianya media digital berupa website yang memuat informasi IAKN Palangka Raya untuk diakses kapan saja dan dimana saja melalui internet. Tulisan ini membahas implementasi framework laravel dan framework bootstrap pada website IAKN Palangka Raya. Tujuannya adalah untuk membuat website institusi sebagai media pengelolaan dan penyampaian informasi terkait IAKN Palangka Raya kepada masyarakat secara mudah, tepat dan cepat sesuai dengan perkembangan teknologi. Pada penelitian ini digunakan metode pengembangan perangkat lunak prototype. Metode prototype memiliki tahapan yang ringkas sehingga pengembangan sistem menjadi relatif cepat. Penelitian dilakukan melalui 3(tiga) tahapan yaitu studi pendahuluan, perancangan implementasi mock-up, dan ujicoba sistem. Berdasarkan penelitian ini dihasilkan Website IAKN Palangka Raya berbasis framework Laravel 8 dan framework 5. Website telah menerapkan antar muka mobile responsive sehingga susunan tampilan menjadi dinamis menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat dari pengguna website. Fitur pencarian pada website ini menerapkan model full-text search sehingga meningkatkan performa proses pencarian informasi. Dengan menggunakan website, seluruh informasi mengenai IAKN Palangka Raya dapat dikelola dan disajikan secara dinamis dan aktual sesuai kebutuhan instansi dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Agri Apriliando, Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

References

Ariawan, M. D., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2020). Perancangan User Interface Design dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(1), 161-166.
Aziz, A., Nahak, I. A., Rismayanti, I., & Ramadian, A. A. (2020). Sistem Status Kelaikudaraan Pesawat Udara Berbasis Website Menggunakan Framework CodeIgniter dan PostgreSQL dengan Metode Prototype. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(4), 515-520.
Megawaty, D. A. (2020). SISTEM MONITORING KEGIATAN AKADEMIK SISWA MENGGUNAKAN WEBSITE. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 98-101.
Sari, D. P., & Wijanarko, R. (2020). Implementasi Framework Laravel pada Sistem Informasi Penyewaan Kamera (Studi Kasus di Rumah Kamera Semarang). Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 32-36.
Spurlock, J. (2013). Bootstrap: Responsive Web Development. O'Reilly Media, Inc.
Yoko, P., Adwiya, R., & Nugraha, W. (2019). Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 212-223.
Khosrow-Pour, D. B. (2005). Encyclopedia of information science and technology. IGI Global.
Mark Otto. (2021). Bootsrap 5 Documentation. https://getbootstrap.com/docs/5.0/getting-started/introduction/ (Diakses tanggal 24 Maret 2021).
Taylor Otwell. (2021). Laravel Documentation. https://laravel.com/docs/8.x (Diakses tanggal 2 April 2021).

Downloads

Published

2021-05-21

How to Cite

Apriliando, A. (2021). Implementasi Framework Laravel pada Rancang Bangun Website IAKN Palangka Raya dengan Metode Prototype: Implementation of the Laravel Framework in the Website Design of Iakn Palangka Raya with the Prototype Method. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 87–96. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2238