Analisis Keamanan Sistem Pada Sistem Informasi Akademik Menggunakan Cobit 5 Framework Pada Sub Domain Dss05

System Security Analysis in Academic Information Systems Using the Cobit 5 Framework in the DSS 05 Sub Domain

  • Miftahurrizqi Miftahurrizqi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ika Safitri Windiarti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Agung Prabowo STMIK Palangkaraya
Keywords: COBIT, manajemen, keamanan, sistem informasi, institusi akademik

Abstract

Dalam tata kelola teknologi informasi dengan Framework COBIT 5, Terdapat sub domain DSS05 yaitu Deliver, Service, and Support khususnya yang membahas tentang jaminan atau kepastian keamanan sistem.  penelitian ini secara menyeluruh menginvestigasi proses yang terjadi pada biro administrasi akademik dengan fokus pada domain DSS. Dalam tulisan Ini yang akan dibahas adalah domain DSS05 tersebut. Dalam penelitian ini Perumusan masalahnya adalah bahwa Apakah proses sistem informasi akademik yang ada pada biro administrasi akademik universitas Muhammadiyah Palangkaraya telah menjamin adanya keamanan sistem bagi pengguna dan juga bagi sistem itu sendiri. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah Pengukuran tingkat maturity berdasarkan indikator atau kriteria yang ada pada cobit 5. Dalam penelitian ini dilakukan serangkaian wawancara dan observasi terhadap keamanan sistem yang ada pada sistem informasi akademik. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa domain DSS05 pada sistem informasi akademik universitas Muhammadiyah Palangkaraya berada pada tingkat maturity level 2 yaitu Repeatable but Intuitive, dan diharapkan berada pada tingkat level maturity level 4. Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan level maturity ini adalah meningkatkan sistem keamanan dengan memperhitungkan kondisi seiring Bertambahnya kompleksitas atas sistem yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Miftahurrizqi Miftahurrizqi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Ika Safitri Windiarti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Agung Prabowo, STMIK Palangkaraya

References

Aini, Q., Rahardja, U., Madiistriyatno, H., & Setiaji, Y. D. M. (2018). Pengamanan Pengelolaan Hak Akses Web Berbasis Yii Framework. Syntax: Jurnal Informatika, 7(1), 52-63.
Bakri, M., & Irmayana, N. (2017). Analisis Dan Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi SIMHP BPKP Menggunakan Standar ISO 27001. Jurnal Tekno Kompak, 11(2), 41-44.
De Haes, S., Van Grembergen, W., & Debreceny, R. S. (2013). COBIT 5 and enterprise governance of information technology: Building blocks and research opportunities. Journal of Information Systems, 27(1), 307-324.
Imany, Y. D., Putra, W. H. N., & Herlambang, A. D. (2019). Evaluasi Tata Kelola Keamanan Informasi menggunakan COBIT 5 pada Domain APO13 dan DSS05 (Studi pada PT Gagas Energi Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
Krisdiyawan, R. D., & Kuswantoro, R. H. (2017). AUDIT KEAMANAN SISTEM INFORMASI PADA RS MATA DR. YAP YOGYAKARTA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 1(1), 8-15.
Nuraeni, A., & Haryana, K. S. (2016). Penilaian Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Menambahkan Unsur Keamanan Menggunakan Framework Cobit 5 Pada Domain DSS. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 89-105.
Oktarina, T. (2017). Tata kelola teknologi informasi dengan Cobit 5. J. Informanika, 3(2), 30-38.
Sulaeman, F. S. (2017). Audit Sistem Informasi Framework Cobit 5. Media Jurnal Informatika, 7(2).
Swastika, I. P. A., Kom, M., & Putra, I. G. L. A. R. (2016). Audit Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi: Implementasi dan Studi Kasus. Penerbit Andi.
Umar, R., Riadi, I., & Handoyo, E. (2019). Analisis Keamanan Sistem Informasi Berdasarkan Framework COBIT 5 Menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI). Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 1, 47-53.
Youssfi, K., Boutahar, J., & Elghazi, S. (2014). IT governance implementation: a tool design of COBIT 5 roadmap. 2014 Second World Conference on Complex Systems (WCCS),
Zainuddin, N., Winarno, W. W., Ningsi, N., Pasrun, Y. P., & Muliyadi, M. (2020). IT governance evaluation at the population and civil registry office in Kolaka district using COBIT 5 framework. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 6(2), 86-95.
Published
2021-05-20
How to Cite
Miftahurrizqi, M., Windiarti, I. S., & Prabowo, A. (2021). Analisis Keamanan Sistem Pada Sistem Informasi Akademik Menggunakan Cobit 5 Framework Pada Sub Domain Dss05. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 75-80. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2293

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>