Sistem Informasi Simulasi Soal Cpns/Polri Menggunakan Sistem Cat (Computer Assisted Test) Pada Bimbel Cv Palangkaraya Menara Ilmu

Authors

  • frengklin matatula STMIK Palangka Raya
  • Rosmiati Rosmiati STMIK Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i2.3728

Keywords:

CAT, Penerapan, sistem informasi

Abstract

Computer Assisted Test (CAT) adalah metode seleksi terintegrasi komputer yang diterapkan di bimbel Palangka Menara Ilmu. Dalam penerapannya terdapat beberapa kendala, antara lain kurangnya saran prasarana seperti komputer/ laptop dan server untuk menyimpan data dan sebagai tempat untuk melaksanakan test berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk penerapan sistem informasi CAT dalam Proses simulasi penerimaan CPNS/Polri dikarenakan proses ujian yang dilakukan masih menggunakan sistem manual dalam hal ini pembekalan secara tatap muka dan memberikan soal-soal latihan untuk dikerjakan serta untuk ujian masih mengunakan kertas. Proses penerapan CAT ini digunakan guna mempermudah dalam pengerjaan soal secara komputer sehingga kapasitas peserta dapat lebih ditingkatkan lagi terutama pemahaman soal yang diberikan dan transparansi dalam penilaian bisa dilihat secara langsung pada saat selesai mengerjakan soal.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk alur pengerjaan penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Bahasa pemprograman yang digunakan dalam penelitian ini adalah php dan untuk framework menggunakan codeigniter serta aplikasi ini menggunakan Mysql sebagai Database. Aplikasi bersifat responsif dan dapat digunakan disemua device baik di laptop maupun browser mobile.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

frengklin matatula, STMIK Palangka Raya

Rosmiati Rosmiati, STMIK Palangka Raya

References

Brien, J. O., & Markas, G. (2011). Management Information System (Vol. 10th). Cegielski, R. P. (2015). Introduction to Information System. John Wiley and Sons.Coronel, C., & Morris, S. (2015). Database Systems: Design, Implementation, & Management (Vol. 11th). Cengage Learning.
Edi Noersasongko dan Pulung Nurtantio Andono,2010.Mengenal Dunia Komputer.Jakarta: PT Elex Media Komputindo,hal 191.
Iskandar, 2009. Panduan Lengkap Internet. Yogyakarta:Andi Offset, hal 62 Marimin, Tanjung, H. & Prabowo, H. (2006). Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.
McLeod, R., Jr. (2001). Sistem Informasi Manajemen. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Prenhallindo.
McLeod, R., Jr. & Schell, G. (2004). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Prenhallindo.
O’Brien, J.A. (2004). Management Information System: Managing Information Technology in the Internetworked Enterprise. 4 th Edition. Boston: Irwin McGraw-Hill.
Rahmat Hidayat,2010, Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, hal 2.
Wahtu Supriyanto- Ahmad Muhsin, 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius, hal 61. Manfaat internet, Iskandar, 2009
Yuhefizar, 2008. 10 Jam Menguasai Internet. Jakarta: Elex Media Komputindo, hal 1. pengertian internet secara umum.
Siagian, Sondang, 2003 Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Bumi Aksara
Hariandja, Marihot, 2005, manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta:Grafindo
Laudon, Kenneth. C dan Laudon Jane. P. 2008. Sistem Informasi Manajemen Jakarta:Salemba Empat

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

matatula, frengklin, & Rosmiati, R. (2022). Sistem Informasi Simulasi Soal Cpns/Polri Menggunakan Sistem Cat (Computer Assisted Test) Pada Bimbel Cv Palangkaraya Menara Ilmu. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(2), 78–84. https://doi.org/10.33084/jsakti.v4i2.3728

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>