Tingkat Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya

Level of General Patient Satisfaction of Outpatients on the Quality of Pharmacy Installation Service at Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v2i2.358

Keywords:

Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Instalasi Farmasi RSUD dr. Doris Sylvanus

Abstract

Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan adalah langkah terpenting untuk meningkatkan daya saing usaha Indonesia di sektor kesehatan. Pelayanan yang bermutu haruslah berorientasi pada tercapainya kepuasan pelanggan agar dapat tetap eksis di tengah persaingan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan Instalasi Farmasi RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya yang akan dijadikan sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang bermutu, efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain Single Cross Sectional. Kriteria pasien yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien rawat jalan yang menggunakan jasa pelayanan Instalasi Farmasi, dewasa (≥ 17 tahun), tidak terikat kerjasama dengan pemerintah maupun swasta. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 10% dari populasi yaitu berjumlah 30 orang. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari tangibles, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance yang berguna untuk mengetahui persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan dengan membandingkan antara harapan pasien dengan kinerja yang dihasilkan oleh Instalasi Farmasi pada masing-masing dimensi kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih antara harapan dan kinerja bermakna negatif ditandai dengan nilai gap reliability-0,53, responsiveness-0,77, assurance-0,91, empathy-0,57, tangibles-0,76.Hasil pengukuran terhadap data yang diperoleh menunjukkan bahwa selisih antara kinerja dan harapan untuk kelima dimensi pelayanan bermakna negatif yang artinya bahwa kinerja Instalasi Farmasi RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya untuk kelima dimensi pelayanan belum sesuai dengan harapan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dewi Sari Mulia, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Azwar S. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka Pelajar; 2009.
Griffith John R, King John G. Championship Management for Healthcare Organization. Journal Of Healthcare Management. 2000;Vol. 43.
Irawan. Pendekatan Mutu dan Kepuasan Pelanggan dalam Pelayanan Kesehatan. Makassar: Program Pasca Sarjana UNHAS; 2003.
Parasuraman A, Zeithalm V, Leonard L. Barry. Communication and Control Processes in the Delivery of Service Quality. Journal of Marketing. American Marketing Association. 1988.

Downloads

Published

2017-02-01

How to Cite

Mulia, D. S. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya: Level of General Patient Satisfaction of Outpatients on the Quality of Pharmacy Installation Service at Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), 2(2), 40–48. https://doi.org/10.33084/jsm.v2i2.358