Identifikasi Bakteri dan Resistensinya terhadap Antibiotik di Poli Gigi RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya

Identification of Bacteria and their Resistance to Antibiotics in Dental Poly Dr. Doris Sylvanus Hospital Palangka Raya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v1i2.395

Keywords:

identifikasi bakteri, resistensi antibiotik, Staphylococcus sp., E. coli, Poli Gigi RSUD dr. Doris SylvanusPalangka Raya

Abstract

Penemuan antibiotik membawa dampak besar pada pelayanan kesehatan dan penyembuhan infeksi bakteri. Akan tetapi, saat ini pola penggunaan beberapa antibiotic telah berlebihan dan tidak tepat. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya resistensi bakteri terhadap antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bakteri apa saja yang terdapat di Poli Gigi RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya dan untuk mengetahui resistensi bakteri yang ditemukan terhadap antibiotik yang digunakan di Poli Gigi RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Kegiatan penelitian yang dilakukan adalah pengambilan sampel, isolasi bakteri, identifikasi bakteri, dan uji resistensi antibiotik. Pada penelitian ini telah berhasil diisolasi dan diidentifikasi bakteri Staphylococcus sp. dan E. coli dari Poli Gigi RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Baik Staphylococcus sp. maupun E. coli menunjukkan sensitivitas yang baik terhadap ketiga antibiotik yang sering digunakan di Poli Gigi RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Staphylococcus sp. menunjukkan sensitivitas yang tinggi terhadap cefadroxil, diikuti oleh clindamycin dan amoxicilin. Sedangkan E. coli menunjukkan sensitivitas yang tinggi terhadap clindamycin, diikuti oleh amoxicilin dan cefadroxil.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Susi Novaryatiin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Adam, S. 1992. Dasar-dasar Mikrobiologi dan Parasitologi untuk Perawat. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Brooks, G. F., Butel, J. S., and Morse, S. A. 2007. Mikrobiologi Kedokteran. Edisi 23. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Hadinegoro, S. R. 1999. Masalah Multi Drug Resisten pada Demam Tifoid Anak. Jakarta: Cermin Dunia Kedokteran. No. 124: 5-8.
Hadioetomo, R.S.1993. Mikrobiologi Dasardalam Praktek Teknik dan Prosedur Dasar Laboratorium. Jakarta: Penerbit Gramedia.
Irianto, K. 2013. Mikrobiologi Medis. Cetakan I. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Jawetz, E., et al. 2008. Mikrobiologi Kedokteran. Edisi 20. San Fransisco: University Of California.
Katzung, B. G. 2004. Farmakologi Dasar dan Klinik. Edisi 4. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Koneman, E.W., Allen, S.D., Dowell, V.R., Janda, W.M., Sommers, H.M., Winn, W.C. 1988.Diagnostic Microbiology. Third Edition.Pennsylvania: Lippincott Company.
Kusmawan, A. 2008. Infeksi Nosokomial di Klinik Gigi. Skripsi. Fakultas Kedokteran Gigi. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Lim, D. 1998. Microbiology. Edisi 2. New York: Mc Grow Hill Book Company.
Noer, S.F. 2012. Pola Bakteri dan Resistensinya Terhadap Antibiotik yang Ditemukan pada Air dan Udara Ruang Instalasi Rawat Khusus RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Majalah Farmasi dan Farmakologi, Vol. 16, No.2–Juli 2012, hlm. 73-78.
Pelczar, M. J., Chan, E. C. S. 2007. Elements Of Microbiology. New York: Mc Grow Hill Book Company.
Refdanita, Maksum R, Nurgani, Endang. 2004. Pola Kepekaan Kuman Terhadap Antibiotika di Ruang Rawat Intensif Rumah Sakit Fatmawati Jakarta Tahun 2001 – 2002. Jakarta: Makara Kesehatan, Vol. 8, No. 2,Desember : 41-48.
Sukandar, E. Y., dkk. 2008. ISO Farmakoterapi. Jakarta: Penerbit PT. ISFI.
Waluyo, L. 2008. Mikrobiologi Umum. UPT. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2016-02-01

How to Cite

Novaryatiin, S. (2016). Identifikasi Bakteri dan Resistensinya terhadap Antibiotik di Poli Gigi RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya: Identification of Bacteria and their Resistance to Antibiotics in Dental Poly Dr. Doris Sylvanus Hospital Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), 1(2), 17–25. https://doi.org/10.33084/jsm.v1i2.395

Most read articles by the same author(s)