Uji Kuantitatif Kadar Zat Besi dalam Tumbuhan Kelakai dan Produk Olahannya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v3i2.96

Keywords:

Zat Besi, Tumbuhan Kelakai, Keripik Kelakai, Titrasi Permanganometri

Abstract

Produk olahan kelakai oleh masyarakat Kalimantan Tengah biasa diolah menjadi sayur oseng kelakai, keripik kelakai, peye kelakai, kerupuk kelakai, stik kelakai dan lain-lainnya yang berbahan dasar tumbuhan kelakai itu sendiri. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan metode volumetri yaitu titrasi permanganometri, dengan pendekatan laboratorium yang dilakukan melalui serangkaian percobaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tumbuhan kelakai yang diperoleh pada Pasar Besar Kota Palangka Raya dan produk olahannya pada dua industri rumahan yang terdapat di Kota Palangka Raya. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kadar zat besi pada daun tanaman kelakai segar sebesar 3,285% atau setara dengan 3285mg/100 g. Sedangkan kadar zat besi pada olahannya diperoleh hasil berupa keripik kelakai 1 sebesar 2,235% atau setara dengan 2235 mg/100 g dan keripik kelakai 2 sebesar 1,925% atau setara dengan 1925 mg/100 g. Sehingga dapat disimpulkan kadar zat besi pada tumbuhan kelakai cukup tinggi dan zat besi dalam keripik kelakai sendiri dapat digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan zat besi hariannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurul Qamariah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rini Yanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Chang, R. 2005. Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti Jilid 1 / Edisi Ketiga.Terjemahan Muhammad Abdulkabir Martoprawiro dkk. Editor Lemeda Simarmata dari buku Quantitative Analysis Sixth Edition. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Day, R. A., dan Underwood, A. L. 2001. Analisis Kimia Kuantitatif Edisi Keenam. Terjemahan Iis Sopyan. Editor Hilarius Wibi dan Lemeda Simarmata dari buku Quantitative Analysis Sixth Edition. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 1995. Farmakope Indonesia Edisi IV.Jakarta.
Fahmawati, Y. 2009. Klasifikasi Tumbuhan. Bandung: Puri Pustaka.
Fern, C. S. 2014. Atlas of Living Australia: Stenochlaena palustris (Burm.f.) Bedd. Abstrak.
Ganjar, I. G., dan Rohman, A. 2013. Kimia Farmasi Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harris, R., dan Endel, K. 1989. Evaluasi Gizi Pada Pengolahan Bahan Terbitan Kedua. Bandung: Penerbit ITB.
Jannah, M. 2012. Biologi Tumbuhan Lahan Basah: KELAKAI (Stenochlaenapalustris). Abstrak.
Karyadi, D., dan Muhilal. 1996. Kecukupan Gizi yang Dianjurkan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Linder, M. C. 2006. Biokimia Nutrisi dan Metabolisme. Penerjemah AminuddinParakkasi dari buku Nutrional Biochemistry and Metabolism. Jakarta: Unversitas Indonesia (UI-Press).
Maharani, D. M., Haidah, S. N., dan Haiyinah. 2005. Studi Potensi Kalakai(Stenochlaenapalustris (Burm.F) Bedd), Sebagai Pangan Fungsional. Abstrak.
Mann, J., dan Truswell, A. S. 2014. Buku Ajar Ilmu Gizi Edisi 4. Alih Bahasa Andry Hartono. Editor Bahasa Indonesia Mochamad Rachmat. Editor Penyelaras Cahya Ayu Agustin dan Etika Rezkina dari buku Essentials of Human Nutrion. Jakarta: EGC. Hlm.
Muchtadi, D. 2009. Pengantar Ilmu Gizi. Bandung: Alfabeta.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohman, A., dan Sumantri. 2007. Analisis Makanan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sediaoetama, A. D. 2010. Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi Jilid I. Jakarta:PT. Dian Rakyat.
Sudarmadji, S., Haryono, B., dan Suhardi. 2007. Prosedur Analisis untuk Bahan Makanan dan Pertanian. Yogyakarta: Liberty.
Syamsuri, I. 2007. Biologi Jilid 1B untuk SMA Kelas X Semester 2. Jakarta:Penerbit Erlangga.
Watson, D. G. 2009. Analisis Farmasi: Buku Ajar untuk Mahasiswa Farmasi dan Praktisi Kimia Farmasi Edisi 2. Terjemahan Wenny R. Syarief. Editor Edisi Bahasa Indonesia Amalia H. Hadinata dari buku Pharmaceutical Analysis: A Textbook for Pharmacy Students and Pharmaceutical Chemists. Jakarta: EGC.
Widodo, D. S., dan Lusiana, R. A. 2010. Kimia Analisis Kuantitatif: Dasar Penguasaan Aspek Eksperimental Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wijatmadi, B., dan Adriani, M. 2012. Pengantar Gizi Masyarakat Edisi Pertama.Jakarta: Kencana.
Winarno, F. G. 1991. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wirakusumah, E. S. 2013. Jus Buah dan Sayuran. Jakarta: Penebar Plus+.

Downloads

Published

2018-02-01

How to Cite

Qamariah, N., & Yanti, R. (2018). Uji Kuantitatif Kadar Zat Besi dalam Tumbuhan Kelakai dan Produk Olahannya. Jurnal Surya Medika (JSM), 3(2), 32–40. https://doi.org/10.33084/jsm.v3i2.96

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>