Perbaikan Kualitas Air Yang Memiliki Konsentrasi Besi (Fe) Tinggi Menggunakan Single Tray Aerator

  • Bagus Putro Budi Utomo Universitas Gadjah Mada
  • Ahmad T. Yuliansyah Universitas Gadjah Mada
  • Agus Prasetya Universitas Gadjah Mada
Keywords: Air, Besi (Fe), Single tray aerator

Abstract

Air adalah salah satu sumber daya alam yang yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Air tanah, yang menjadi sumber air di masyarakat, sering didapatkan mengandung konsentrasi besi (Fe) yang melebihi baku mutu. Air tersebut ditandai dengan adanya flek-flek warna kuning kecoklatan yang terdapat pada bak air atau perabotan yang berhubungan dengan air. Air yang mempunyai konsentrasi besi tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya: merusak dinding usus, iritasi pada mata dan kulit. Single tray aerator merupakan teknologi pengolahan air yang sederhana dan mudah dalam pengoperasiannya, sehingga dapat menjadi jawaban akan masalah air ini. Air yang telah diolah diharapkan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya dan tidak berdampak buruk bagi manusia. Penilitian ini mencoba mencari media terbaik pada tray guna menurunkan konsentrasi besi pada air tanah. Terdapat 3 variasi media yang dilakukan pada peneilitian ini yaitu tanpa media, media  zeolit dan media kerikil. Proses pengambilan sampel air dilakukan pada menit ke 5, 10, 15 dan 20. Didapatkan hasil dari penelitian ini bahwa kualitas air sebelum diolah adalah Fe = 1,65 mg/l. Data yang didapatkan 5 menit merupakan waktu efektif pada proses penurunan  Fe pada air baku. Penggunaan single tray aerator tanpa media setelah diolah didapatkan hasil Fe = 1,23 mg/l, media kerikil didapatkan hasil Fe = 1,19 mg/l, dan  percobaan terakhir menggunakan media zeolit didapatkan hasil Fe = 1,07 mg/l. Zeolit merupakan media terbaik pada penelitian ini dalam menurunkan konsentrasi Fe. Hasil pengolahan dari semua jenis variasi pada penelitian ini belum memenuhi baku mutu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Suriawiria, U., “Mikrobiologi Air”, Bandung : PT Alumni, , 2008.
[2] Sutrisno, T. C. 2004. Teknologi Penyediaan Air Bersih. Rineka Cipta: Jakarta
[3] Peraturan Menteri ESDM No. 15 “Tentang Penghematan Penggunaan Air Tanah”.
[4] Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, “Pembuatan Filter Untuk Menghilangkan Zat Besi dan Mangan Di Dalam Air”.
[5] Asmadi, K, dan Kasjono, H.S. 2011. Teknologi Pengolahan Air Minum.
[6] Delinatalis, “Perbaikan Kualitas Air Sumur (Fe total dan Mn) Menggunakan Tray Aerator dan Filter di Dusun Kuwaru kecamatan Serandakan Kabupaten Bantul Yogyakarta” Institut Teknologi Yogyakarta. Yogyakarta, 2015.
[7] Joko T., “Unit Produksi dalam Sistem Penyediaan Air Minum” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Published
2020-08-28
How to Cite
Utomo, B. P., T. Yuliansyah, A., & Prasetya, A. (2020). Perbaikan Kualitas Air Yang Memiliki Konsentrasi Besi (Fe) Tinggi Menggunakan Single Tray Aerator. Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 5(2), 76-82. https://doi.org/10.33084/mitl.v5i2.1195

Most read articles by the same author(s)