Kondisi Pendidikan Berwawasan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Suku Dayak Kalimantan Tengah Tahun 2018

  • Muhammad Azhari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Pendidikan, Lingkungan, Suku Dayak, Kearifan Lokal

Abstract

Kalimantan Tengah merupakan salah satu gugus kepulauan di Indonesia dengan kondisi lingkungan yang khas. Lingkungan yang khas menjadi identitas yang melekat bagi sumberdaya yang terkandung di dalamnya, baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia. Pengenalan lingkungan setempat harus dilakukan, guna meningkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap lingkungan sekitar, misalnya melalui kegiatan pendidikan berwawasan lingkungan berbasis kearifan lokal (masyarakat Suku Dayak Kalimantan Tengah). Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara. Amanah tersebut tercantum pada Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 1. Hasil penelitian yang dilakukan dengan cara survey jenis panel survey bertujuan untuk mengetahui gambaran umum mengenai materi lingkungan yang diberikan di ranah pendidikan misalkan di sekolah menengah atas (SMA) khususnya di Kalimantan Tengah Tentang Kearifan Lokal Masyarakat Suku Dayak. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan penelitian yaitu tidak adanya materi yang khusus tentang lingkungan setempat (misal Lingkungan Suku Dayak Kalimantan Tengah) materi yang diberikan masih bersifat lingkungan umum yang ada di Indonesia atau dari negara-negara lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Azhari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arif, Z. (2014), Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. Salemba Teknika. Jakarta.
Bruce, M. B, Setiawan. Dwita, H.R. (2007), Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Hermanto,S. (2011). Makalah Mekanisme Pelepasan Kawasan Hutan dan Pinjam Pakai Kawasan Hutan. Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah. Palangka Raya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.
Pumpung, Hai. (2014). Buku Panduan Pumpung Hai Pakat Dayak dan Napak Tilas Pakat Damai Tumbang Anoi. Palangka Raya.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1985.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009. (2014). Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Kementerian Lingkungan Hidup. Jakarta.
Published
2018-03-05
How to Cite
Azhari, M. (2018). Kondisi Pendidikan Berwawasan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Suku Dayak Kalimantan Tengah Tahun 2018. Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 3(2), 1-5. https://doi.org/10.33084/mitl.v3i2.642

Most read articles by the same author(s)