Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Fish Bowl Berbantuan Media Audio Visual Pada SMP Muhammadiyah Palangkaraya

Efforts To Improve Social Studies Learning Outcomes Using The Fish Bowl Learning Model Assisted By Audio Visual Media In SMP Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

  • Iin Nurbudiyani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Novia Novia Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1909

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran fish bowl berbantuan media audio visual pada kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah Palangkaraya, (2) Peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran fish bowl berbantuan media audio visual pada kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah Palangkaraya.         Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah Palangkaraya yang berjumlah 24 orang peserta didik. Model dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran fish bowl berbantuan media audio visual  dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa Pre Test  dan Post Test dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah Palangkaraya menggunakan model pembelajaran fish bowl berbantuan media audio visual menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari data hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Pada Siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,29 dengan kategori baik dan pada Siklus II memperoleh nilai rata-rata 3,88 dengan kategori baik, (2) Ada peningkatan hasil belajar IPS peserta didik menggunakan  model pembelajaran fish bowl berbantuan media audio visual di kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah Palangkaraya. Hasil belajar peserta didik pada tes awal diperoleh nilai rata-rata 51 (dibawah nilai KKM ≥70) dengan ketuntasan klasikal 25%, pada Siklus I hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan klasikal 79% dan pada Siklus II peserta didik memperoleh nilai rata-rata 94 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Iin Nurbudiyani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Novia Novia, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Akbar, Ali. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Media Audio Visual Pada MAN Kota Palangka Raya. Skripsi: UM Palangkaraya.
Diplan & Setiawan, M Andi. 2018. Metodologi Penelitian Tindakan. Jawa Tengah: CV. Samu Untung.
Diplan dan Setiawan, Andi M. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish
Diplan & M. Andi, 2019. Metodologi penelitian Pendidikan. Jawa Tengah: Cv. Samu Untung.
Hasanah, Latifah. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode "Fish Bowl" Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangkaraya. Skripsi: UM Palangkaraya.
Kunandar. 2016. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Permadi, Ade Salahudin dan Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 2(2):20-26.
Putra, Chandra Anugrah. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 2(2):1-10.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Septiana, Yulisa dan Muhammad Jailani. 2019. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) pada Kelas X di SMA Negeri 1 Katingan Hilir. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4(2):33-40.
Setiawan, M Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyawan, Dedy dan Agung Riadin. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 15(1):1-9.
Silbermen, Mel. 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: PT Indeks.
Supritiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.
Suryani, Nunuk, Dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarata: Kencana Prenada Media Grup.
Suyanto dan Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Nurbudiyani, I., & Novia, N. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Fish Bowl Berbantuan Media Audio Visual Pada SMP Muhammadiyah Palangkaraya: Efforts To Improve Social Studies Learning Outcomes Using The Fish Bowl Learning Model Assisted By Audio Visual Media In SMP Muhammadiyah Palangkaraya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 59–69. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1909