Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Recount Melalui Kegiatan Menulis Berantai

Increasing Recount Text Writing Ability Through Chain Writing Activities

Authors

  • Maskuyandi Maskuyandi SMPN 8 Dusun Selatan

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3563

Keywords:

Menulis Teks Recount, Kegiatan Menulis Berantai

Abstract

Menulis teks recount adalah kemampuan yang wajib dikuasai oleh siswa. Faktanya banyak siswa yang memiliki masalah di dalamnya. Masalah mereka diantaranya adalah penemuan dan pengembangan ide, membuat kalimat yang benar, menggunakan kosa kata yang baik. Menulis berantai adalah kegiatan menulis dengan menghubungkan satu ide ke ide lainnya. Proses ini dilakukan dengan menghubungkan ide seseorang dengan yang lain dalam kegiatan berpasangan atau kelompok. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMPN 8 Dusun Selatan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. PTK ini terdiri dari 2 siklus, dengan tiap-tiap siklus memuat tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Objek tindakan yang diteliti meliputi kreativitas dan kompetensi berbicara bahasa Inggris siswa pada tiap-tiap siklus.

Data yang dikumpulkan adalah data kreativitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran dan data kompetensi berbicara bahasa Inggris siswa pada akhir tiap-tiap siklus penelitian. Data kreativitas siswa diperoleh dengan cara melakukan observasi atau pengamatan terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dengan menggunakan lembar observasi. Sedang data hasil belajar siswa diperoleh dengan melakukan tes hasil belajar, dengan soal tes tertulis berbentuk uraian. Data hasil observasi pembelajaran dianalisis bersama-sama dengan mitra kolaborasi, kemudian ditafsirkan berdasarkan kajian pustaka dan pengalaman guru peneliti dan guru mitra. Sedangkan hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan ketentuan ketuntasan belajar, yaitu dengan membandingkan nilai yang diperoleh siswa dengan KKM. Dalam penelitian ini ditetapkan nilai KKM adalah 68. Seorang siswa dinyatakan mencapai ketuntasan belajar jika memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 68.Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu mendapatkan ide dengan lebih mudah setelah mengikuti kegiatan menulis berantai. Mereka juga lebih mudah mengembangkan ide tersebut dalam sebuah teks recount.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maskuyandi Maskuyandi, SMPN 8 Dusun Selatan

References

Birk and Birk. 1965. Understanding and using English. NewYork: The Odyssey Press. Inc.
Boey, Lim Kiat. 1975. An Introduction to Linguistics for the Language Teacher. Singapore: Singapore University Press.
Brown, Douglas H. 2001. Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy (2nd Edition). San Francisco: Addison Wesley Longman, Inc.
Byrne, Donn. 1997. Teaching Writing Skills. Edinburg: Addison Wesley Longman Limited.
Celce-Murcia. Marriane. 2001. Teaching English as a Second or Foreign Language. California: Heinle & Heinle. Thomson Learning.
Chandra A Putra, M Andi Setiawan, M Jailani, Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Cohen, M, and Margaret, R. 1989. The Effect Of Distance on Students’ Writing. American Educational Research Journal Vol. 26, no 2, pp 143-159.
Derewianka, Beverly. 1995. Exploring How Texts Works. New South Wales: Primary English
Green, Kris and Franz, Tim. 2013. Chain Writing to Learn and Practice the Structure of Scientific Writing.
Heaton, J.B. 1988. Writing English Language Test. Edinburg: Longman Group UK Limited Hood, H cited at.
Hyland, Ken. 2004. Genre and Second Language Writing. Michigan: The University of Michigan Press.
Troyka, L.Q. 1987. Handbook for Writers. New Jersey: Prentice Hall. Inc.
Ur, Penny. 1996. A Course in Langugae Teaching, Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Maskuyandi, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Recount Melalui Kegiatan Menulis Berantai: Increasing Recount Text Writing Ability Through Chain Writing Activities. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 55–60. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3563