Upaya Meningkatkan Retensi Belajar IPS Materi Interaksi Sosial Melalui Model Pembelajaran Jigsaw

Efforts To Increase IPS Learning Retention Social Interaction Materials Through Jigsaw Learning Model

Authors

  • Sri Wahyu SMPN 8 Dusun Selatan

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3565

Keywords:

Retensi Belajar IPS, Model Pembelajaran Jigsaw, Interaksi Sosial

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian pra siklus ditemukan sebagian siswa Kelas VII-B SMPN 8 Dusun Selatan yang mendapatkan retensi belajar di bawah KKM. Dari jumlah 31 siswa nilai rata-ratanya sebesar 77,42. Siswa yang mendapatkan nilai KKM sebanyak 19 siswa atau 61,29%. Sedangkan yang mendapatkan nilai di bawah nilai KKM sebanyak 12 siswa atau 38,71%. Dari data tersebut, maka guru diharapkan dapat mencari solusi untuk meningkatkan retensi belajar. Di antaranya dengan cara mengubah strategi pembelajaran yang selama ini diterapkan yang berbasis teacher center menjadi students center. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan retensi belajar adalah model pembelajaran jigsaw.

Pelaksanaan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPS materi interaksi sosial Kelas VII-B SMPN 8 Dusun Selatan, siklus pertama mengalami kesulitan karena siswa tidak terbiasa menggunakannya. Dengan bimbingan, arahan dan petunjuk guru, maka pelaksanaan model pembelajaran jigsaw pada siklus kedua dapat dilakukan dengan baik dan lancar. Retensi belajar IPS materi interaksi sosial yang diperoleh siswa Kelas VII-B SMPN 8 Dusun Selatan sebelum diadakan tindakan hasilnya kurang. Namun sesudah diberikan tindakan pada siklus pertama dan kedua hasilnya menjadi baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui retensi belajar IPS materi interaksi sosial yang diperoleh siswa Kelas VII-B SMPN 8 Dusun Selatan dengan melaksanakan model pembelajaran jigsaw mulai pra siklus sampai dengan siklus II terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu dari kenaikan nilai rata-rata retensi belajar pra siklus adalah sebesar 77,42 kemudian pada siklus I menjadi 78,13 selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II adalah sebesar 81,71. Sehingga terdapat peningkatan nilai retensi belajar sebesar 0,71 dan 3,58. Dengan demikian retensi belajar IPS materi interaksi sosial yang diperoleh siswa Kelas VII-B SMPN 8 Dusun Selatan mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah dilaksanakan model pembelajaran jigsaw.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sri Wahyu, SMPN 8 Dusun Selatan

References

Afandi, Muhammad. 2011. Cara Efektif Menulis Karya Ilmiah Seting Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Umum, Alfabeta, Bandung.
Arifin, Zainal. 2010. Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur, Remadja Karya, Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Crow, Lester D. and Crow, Alice. 2006. Human Development and Learning, America Book Company, New York.
Faisal, Sanapiah. 2009. Dasar dan Teknik Penelitian Keilmuan Sosial, Usaha Nasional, Surabaya.
Mardalis, 2006. Metode Penelitian suatu Pendekatan Proposal, Bumi Aksara, Jakarta.
Masnur M, Nur Hasanah, dan Basennang Saliwangi. 2006. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, Jemmars, Malang.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Universitas Negeri Malang, Malang.
Putra, Chandra Anugrah dan M Andi Setiawan. 2019. Penerapan model pembelajaran circuit learning berbantuan media power point terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 3:1(1-6).
Setiawan, Iwan. 2016. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Wahyu, S. (2022). Upaya Meningkatkan Retensi Belajar IPS Materi Interaksi Sosial Melalui Model Pembelajaran Jigsaw: Efforts To Increase IPS Learning Retention Social Interaction Materials Through Jigsaw Learning Model. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 77–85. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3565