Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang

Authors

  • Iklima Safitri Universitas PGRI Semarang
  • Supardi Supardi Universitas PGRI Semarang
  • Gregorius Rahastono Ajie Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1038

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Psikodrama, Konsep Diri

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya konsep diri siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang yang dikarenakan siswa bersikap pesimis, tidak mengetahui kemampuan yang ada pada dirinya.Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap konsep diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap konsep diri siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa , 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol dengan multistage sampling yang merupakan kombinasi dua sampling yaitu cluster random sampling dan simple random sampling . Treatment dilaksanakan sebanyak lima kali pada sampel.Hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,935. Dikonsultasikan dengan ttabel tarafsignifikansi 5% (0,5) yaitu 2,101. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung 3,935>ttabel 2,101. Disimpulkan bahawa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap konsep diri siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Iklima Safitri, Universitas PGRI Semarang

Supardi Supardi, Universitas PGRI Semarang

Gregorius Rahastono Ajie, Universitas PGRI Semarang

References

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hartinah, S. 2010. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Irawan, Edy. 2013. Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja.
Jurnal bimbingan dan konseling
“PSIKOPEDAGOGIA”.Vol 2 No1
Pranomo, Affiyani. 2013. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Psikodrama Untuk Mengembangkan Konsep Diri Positif. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol .2. No.2
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdyakarya Offset.
Romlah, T. 2001. Teori Dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sugiyono, 2018. Metode penelitian kuantitatif,kualitatifdan R&D.Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2019-10-09

How to Cite

Safitri, I., Supardi, S., & Ajie, G. R. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 36–44. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1038