Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02

Analysis Of Student Learning Difficulty In Solving Mathematics Stories In Grade III Solution Materials SDN Lamper Central 02

Authors

  • Nunuk Badriyah Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto Sukamto Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1279

Keywords:

Analisis Kesulitan, Soal Cerita, Materi Pecahan

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III SDN Lamper Tengah 02 Semarang, banyak ditemukan siswa yang mengalami kesulitan pada proses pembelajaran khususnya matematika dalam materi pecahan bentuk soal cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan. Hasil penelitian ini adalah faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal  cerita matematika pada materi pecahan adalah fakto intern dan ekstern. Faktor intern meliputi: kesulitan memahami masalah dalam soal, belum memahami konsep dan operasi hitung pecahan serta lupa, tidak teliti, dan tergesa-gesa. Faktor ekstern meliputi: faktor guru. Solusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan adalah memperbanyak latihan mengerakan soal, memberikan penjelasan menggunakan alat peraga konkret dan membuat soal cerita dengan bahasa komunikatif. Maka disarankan agar guru diharapkan dapat memahami diamana letak kesulitan siswa dan mempertegas kembali pembelajaran tentang konsep dasar dan operasi hitung pada pecahan. Sehingga kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan dapat diatasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nunuk Badriyah, Universitas PGRI Semarang

Sukamto Sukamto, Universitas PGRI Semarang

Ervina Eka Subekti, Universitas PGRI Semarang

References

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬___________________¬¬¬¬¬¬¬_. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Analisis Kesulitan Belajar Dalam Materi Menanggapi Suatu Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Muhammadiyah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1):32-36.
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Standar Isi SD/MI. Jakarta: BSNP.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hartini. 2008. Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita pada Kompetensi Dasar Menemukan Sifat dan Menghitung Besaran-besaran Segi Empat Siswa Kelas VII Semester II SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. Tesis: Universitas Sebelas Maret.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.

Downloads

Published

2020-03-13

How to Cite

Badriyah, N., Sukamto, S., & Eka Subekti, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02: Analysis Of Student Learning Difficulty In Solving Mathematics Stories In Grade III Solution Materials SDN Lamper Central 02. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 10–15. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1279