Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kabupaten Manokwari Papua Barat Tahun 2019

Analysis Of Quality Of Education Services ToThe Level Of Student Satisfaction At Private Tertiary Institutions In Manokwari Regency, West Papua In 2019

Authors

  • Nurul Abidin STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Gilang Ary Sandy STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Hawa Hasan STKIP Muhammadiyah Manokwari

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1281

Keywords:

Kualitas Layanan Pendidikan, Tingkat Kepuasan Mahasiswa

Abstract

Keberhasilan kualitas pelayanan pendidikan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan perguruan tinggi itu sendiri, khususnya pada perguruan tinggi swasta yang notabennya segala pembiayaan operasional lembaga tidak disubsisi oleh pemerintah. Keberhasilan pelayanan pendidikan dilihat dari tingkat kepuasan mahasiswa sebagai konsumen utama dari perguruan tinggi tersebut. Berdasarkan masalah tersebut tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran mengenai kualitas layanan pendidikan dan tingkat kepuasan mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kabupaten Manokwari serta melihat bagiamana pengaruhnya antara kualitas layananan pendidikan dengan tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex-post-facto. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa aktif pada PTS di Kabupaten Manokwari. Ukuran sampel yang digunakan 364 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuasioner/angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan pendidikan mahasiswa yang diberikan oleh perguruan tinggi swasta di Kabupaten Manokwari Papua Barat termasuk dalam kategori baik (50,3%) dan tingkat kepuasan mahasiswa dalam kategori baik (52,7%). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terdapat pengaruh  antara kualitas layanan pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kabupaten Manokwari Papua Barat. Oleh karena itu perlu bagi lembaga meningkatkan kualitas layanan pendidikan agar kepuasan mahasiswa meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurul Abidin, STKIP Muhammadiyah Manokwari

Gilang Ary Sandy, STKIP Muhammadiyah Manokwari

Hawa Hasan, STKIP Muhammadiyah Manokwari

References

https://forlap.ristekdikti.go.id. .Diakses pada tanggal 03 Oktober Tahun 2018. Pukul 23.00 WIT.
Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin, Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi Dua Belas. Jilid Kedua. Jakarta: PT. INDEKS.
Mulyawan, A., & Sidharta, I. 2013. Analisis Deskripsi Pemasaran Jasa di STMIK Mardina Indonesia Bandung. Jurnal Computech & Bisnis. Vol.7, No.1, 42-45.
Ningsih, Ayu Putri & Diplan. 2018. Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Kesadaran Indera Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Terhadap Emosi Marah Pada Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):12-18.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). Model Service Its Quality and Implications for Future, Journal of Retailing, 49(4), 41–50.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Rambat, Lupiyadi dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Yenny Yuniarti. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Jurnal Trikonomika. Vol. 13, No. 1, Juni 2014, Hal. 49–61.
Zeithaml Valarie, A. & Mary Jo Bitner. 2004. Service Marketing: Integrating Customer focus Across the Firm 3th Eddition. New York: The Mcgraw Hill Book Companies.

Downloads

Published

2020-03-13

How to Cite

Abidin, N., Ary Sandy, G., & Hasan, H. (2020). Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kabupaten Manokwari Papua Barat Tahun 2019: Analysis Of Quality Of Education Services ToThe Level Of Student Satisfaction At Private Tertiary Institutions In Manokwari Regency, West Papua In 2019. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 27–39. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1281