Pemetaan Mutu Pendidikan Dan Solusi Terapinya (PMP-St) Jenjang Sma Di Wilayah Kota Palangkaraya

Mapping Of Quality Of Education And Its Solution (PMP-St) Jenjang High Schools In The Palangkaraya City

Authors

  • Tati Sumiati Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1303

Keywords:

Pemetaan Mutu Pendidikan, Solusi Terapi

Abstract

Peta Mutu Pendidikan dan Solusi Terapinya (PMP-ST) disusun dengan tujuan  Memberikan gambaran tentang data capaian/pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada tingkat satuan pendidikan, Memberikan rekomendasi secara tepat kepada berbagai pemangku kepentingan guna pencapaian/pemenuhan delapan SNP di satuan pendidikan di wilayah Palangka  Raya dan sasarannya adalah Warga satuan pendidikan menengah (SMA) di wilayah Kota Palangka Raya selaku pelaku utama proses pendidikan di tingkat paling bawah. Bedasarkan hasil rapor Peta Mutu  Pendidikan  (PMP), pada 13 SMA yang tersebar di wilayah Kota Palangka Raya yang sudah mengisi aplikasi PMP dan kevalidan datanya telah diverifikasi oleh pengawas sekolah masing-masing. SMA di Kota Palangka Raya belum ada yang memenuhi apalagi melampui delapan SNP. Dari 13 SMA yang mengisi rapor PMP kesemuanya masih berada di bawah SNP. 3 SMA berada pada level 3 (menuju SNP 3), dan 10 SMA berada pada level 4 (menuju SNP 4). Khusus untuk Kota Palangka Raya jenjang SMA, alternatif solusi dan Rekomendasinya sesuai hasil analisis penyebab Ketidaktercapaian indikator/subindikator pada setiap standar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tati Sumiati, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya

References

Depdiknas. 2004. Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman, edisi ketiga. Jakarta: Depdiknas.
Diplan. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 5 Panarung Palangka Raya.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009.
Jakarta : Prestasi
Mulyasa, E. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Rosda.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Ramli, Muhamad & Isnawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1):6-10.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sudjana dan Rivai. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
Suhardjono, Supardi. 2011. Penelitian TindakanKelas. Jakarta: Bumi. Aksara.
Susanto. Ahmad, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2020-03-16

How to Cite

Sumiati, T. (2020). Pemetaan Mutu Pendidikan Dan Solusi Terapinya (PMP-St) Jenjang Sma Di Wilayah Kota Palangkaraya: Mapping Of Quality Of Education And Its Solution (PMP-St) Jenjang High Schools In The Palangkaraya City. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 74–89. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1303