Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B Smp Negeri 13 Banjarmasin

Application Of Think Pair Share Cooperative Learning Model As An Effort To Increase Learning Activity And Achievement Of Students Of Class Ix B Smp Negeri 13 Banjarmasin

  • Noor Miyati SMPN 13 BANJARMASIN
Keywords: Keaktifan, Hasil Belajar, Prestasi Belajar, Think Pair Share

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa Kelas IX B SMP Negeri 13 Banjarmasin pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Jujur dan Menepati Janji melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil Belajar Siswa Kelas IX B SMP Negeri 13 Banjarmasin pada Siklus II mengalami peningkatan dari hasil belajar pada Siklus I yang dibuktikan dengan perolehan nilai atau hasil tes yang diperoleh siswa. Nilai rata-rata pada siklus I hanya 74,86 dengan nilai terendah 64 dan nilai tertinggi 85 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,97 dengan nilai terendah 74 dan nilai tertinggi 88. Ketuntasan Belajar Secara Klasik menunjukkan signifikansi meningkat, walaupun belum mencapai kriteria ideal yang menunjukkan tingkat keberhasilan belajar. Siswa yang berhasil mencapai nilai KKM meningkat menjadi 25 orang atau 86,21%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Noor Miyati, SMPN 13 BANJARMASIN

References

Arifin, Zainal. 2016. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Heriawan, Adang. 2016. Metologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: Perum Bumi Bharos Chasanah.
Isjoni. 2017. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
Mahfud, Rois. 2016. Al-Islam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga.
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Ratna, Lilis. 2013. Teknik-teknik Konseling. Yogyakarta: Budi Utama.
Rusyan, Tabrani. 2016. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Salamah. Pengembangan Model Kurikulum Holistik Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Tsanawiyah. 2016. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudin. 2017. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Published
2022-03-21
How to Cite
Miyati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX B Smp Negeri 13 Banjarmasin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 1-9. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3343