Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Pada Siswa Kelas IX D Smp Negeri 5 Banjarmasin

Improving the Ability to Write Inspirational Story Texts Through the Application of the Think-Talk-Write Cooperative Learning Model in Class IX D Students of SMP Negeri 5 Banjarmasin

  • Mariyana Mariyana SMPN 5 BANJARMASIN
Keywords: Kemampuan Menulis, Teks Inspiratif, Think Talk Write

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerita inspiratif siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write di kelas IX D SMP Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi kemudian dianalisis secara deskriptif persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write pada siswa kelas IXD SMP Negeri 5 Banjarmasin terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerita inspiratif yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas per Siklus. Pada Pra Siklus rata-rata kelas adalah sebesar 55,2, pada Siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 68,6, dan pada pelaksanaan Siklus II rata-rata kelas menjadi 86,7. Selain itu, terjadi peningkatan nilai antar siswa pada pratindakan ke siklus I dan ke siklus II. Dari hasil tersebut diketahui pula siswa yang telah tuntas pada tahap pratindakan berjumlah 4 siswa, pada siklus I berjumlah 8 siswa dan pada siklus II berjumlah 29 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mariyana Mariyana, SMPN 5 BANJARMASIN

References

Akhadiah, Sabarti. 2015. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Aziz, Abdul, dan Abdul Majid. 2017. Mendidik Dengan Cerita. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Collier. 2016. The Secret of The Ages (Edisi Terjemah). Tangerang: Gemilang.
Heriawan, Adang. 2016. Metologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: Perum Bumi Bharos Chasanah.
Hermawan, Rudi, Nurlaksana Rusminto, dan Eko Suyanto. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Model Think Talk Write.” J-Simbol (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya) 6(1):1–10.
Isjoni. 2017. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyoto. 2015. Kiat Menulis untuk Media Massa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tarigan, Djago. 2016. Pintar Bahasa Indonesia SMP Kelas 1 (Pelajaran kelima kegiatan membuat ikhtisar isi pidato). Jakarta: Balai Pustaka.
Wahyono, Budi. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaidar. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita melalui Strategi Think Talk Write dengan Menggunakan Foto Peristiwa.” Jurnal Tunas Pendidikan 3(1).
Published
2022-03-21
How to Cite
Mariyana, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Pada Siswa Kelas IX D Smp Negeri 5 Banjarmasin. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 10-15. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3344