Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Role Playing Berbantuan Media Papan Flanel Pada Peserta Didik Kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Muhammad Jailani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Siti Aminah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.723

Keywords:

Model role playing, media papan flanel, aktivitas peserta didik, hasil belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:  1) Untuk mendeskripsikan aktifitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model role playing berbantuan media papan flanel pada kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model role playing berbantuan media papan flanel pada kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya berjumlah 26 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keaktifan belajar IPS peserta didik kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya meningkat dengan rata-rata 3,43 yang termasuk kriteria baik. 2) hasil belajar peserta didik kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya meningkat dari hasil pre test rata-rata nilai 62,11 dengan ketuntasan klasikal 46,15% , sedangkan hasil post test siklus I rata-rata nilai 76,53 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Jailani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Siti Aminah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kustandi, Cecep. Bambang, Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Kunandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mertler, Craig A. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Sangadji, Etta Mamang. Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Siregar, Eveline. Hartini, Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Downloads

Published

2019-05-15

How to Cite

Jailani, M., & Aminah, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Role Playing Berbantuan Media Papan Flanel Pada Peserta Didik Kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 24–30. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.723