Identifikasi Kesulitan Belajar Reading Comprehension dalam Ujian TOEFL pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Identification of Difficulties in Learning to Reading Comprehension in the TOEFL Examination for Students in the Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.829

Keywords:

Kesulitan belajar, Reading Comprehension

Abstract

Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan atau faktor yang dominan mengapa Mahasiswa mengalami kesulitan dalam soal Reading Comprehension pada ujian TOEFL pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa semester tinggi di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang berjumlah 20 orang. Jenis penelirian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Mahasiswa semester tinggi UM Palangkaraya kurang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan dalam menjelaskan makna kata sukar dalam bacaan yang dimiliki Mahasiswa sangat rendah dan belum dapat dikuasai oleh Mahasiswa. Untuk mengatasi mengatasi kesulitan membaca pada mahasiswa semester tinggi adalah melakukan berbagai latihan dan penugasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmiyati Zuchdi. 2012. Terampil Membaca dan Berkarakter Mulia. Yogyakarta: Multi Presindo.
Deded Koswara. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik. Bandung: Luxima metro media.
Martini Jamaris. (2013). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mulyono Abdurrahman. (2009).Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
James, McLeskey., Michael S. Rosenberg., & David L. Westling. 2013. Inclusion Effective Practices for All Students. Pearson: United State America.
Pollard, Lucy. (2008). Teaching English. UK: Longman.
Samsu Somadayo. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: CV Alfa Beta
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur. (2015). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Downloads

Published

2019-03-10

How to Cite

Khunaifi, A. R. (2019). Identifikasi Kesulitan Belajar Reading Comprehension dalam Ujian TOEFL pada Mahasiswa di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya: Identification of Difficulties in Learning to Reading Comprehension in the TOEFL Examination for Students in the Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 29–34. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.829