Pembelajaran Asam Basa menggunakan LKS Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Weblog untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Acid-Base Learning uses LKS Based on 7E Learning Cycle Assisted by Weblog to Train Students' Critical Thinking Skills

Authors

  • Miokti Yessi SMA Negeri 7 Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.832

Keywords:

learning cycle 7E, weblog, keterampilan berpikir kritis, asam basa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pembelajaran learning  cycle  7E (LC 7E) berbantuan  weblog  pada materi asam basa dalam melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.  Penelitian  dilakukan  dengan  menggunakan  metode  quasi  eksperiment dengan  desain  one group pretest–posttest  only. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA  pada salah satu SMA di Kota Palangka Raya. Pengumpulan data dilakukan dengan  memberikan  pre-test dan post-test untuk mengukur  peningkatan  keterampilan  berpikir  kritis  siswa. Data hasil pre-test dan post-test kemudian dihitung gain score (Hake, 1998) untuk masing-masing indikator.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  skor  rata-rata  gain  yang  dinormalisasi <g> keterampilan berpikir kritis  evaluasi 0,76 dengan kriteria tinggi dan penjelasan 0,76 dengan kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan  bahwa  pembelajaran asam basa dengan LC 7E berbantuan  weblog  secara signifikan dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksela, M. (2005). Supporting meaningful chemistry learning and higher order thinking through computer-assited inquiry: a design research approach.
Dahar, R.W. (2011).Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Facione. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposesof Educational Assessment and Instruction. California: Santa Clara University. (ERIC Document Reproduction Service)
Fajaroh, F. & Dasna, I.W. (2005). Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kimia Zat Adiktif Dalam Bahan Makanan Pada Siswa Kelas I SMU Negeri 1 Tumpang Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), hlm. 112-122
Fajaroh dan Dasna. (2009). Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). (Online).(http://sahaka.multiply.com/journal/item/29/pembelajaran-dengan_model_siklus_belajar_learning_cycle). Diakses 1 Mei 2017
Fisher, Alec. (2007). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terjemahan oleh Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga
Hake, R.R. (1998). Interactive-engangement versus tradisional methods: A Sis-thousand-student Survey of Mechanics Test Data for Introductory physics course. America: The American Journal of Physics Teacher
Kemendikbud. (2013). Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online). http://litbang.kemdikbud.go.id/site/index.php/home2-4/233-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21. Diakses 15 Oktober 2018.
Kemendikbud. Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan.Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
Kemendikbud. No.0490/U/1992. Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Liliasari. (2002). Pengembangan Model Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Strategi Kognitif Mahasiswa Calon Guru dalam Menerapkan Berpikir konseptual Tingkat Tinggi. Laporan Penelitian Hibah Bersaing IX Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2001-2002. Bandung: FMIPA UPI.
Lorsbach, A. W. (2002). The Learning Cycle As A Tool For Planning Sience Instruction. (Online). Tersedia di: http://www.coe.ilstu.edu/scienceed/Lorsbach2571rcy.htm. Diakses 15 Oktober 2018.
Liliasari. (2002). Pengembangan Model Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Strategi Kognitif Mahasiswa Calon Guru dalam Menerapkan Berpikir konseptual Tingkat Tinggi. Laporan Penelitian Hibah Bersaing IX Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2001-2002. Bandung: FMIPA UPI.
Lorsbach, Anthony W. (2008). The Learning Cycle as a Tool for Planning Science Instruction. Illinois State University. (Online), (http://www.coe.ilstu.edu/scienceed/lorsbach/257lrcy.htm), diakses 2 Mei 2017.
Mariya, Lika. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) Learning Cycle 7-E Materi Pemanasan Global Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis. Universitas Bandar Lampung. (Online), (snf-unj.ac.id/index.php/download_file/view/462/185/pdf). Diakses 2 Mei 2017.
Mecit, O. (2006). “The Effect of 7E Learning Cycle Model on The Improvement of Fifth Grade Students’ Critical Thinking Skills”. Doctoral Dissertation, Middle East Technical University.
Mukhadis, Amat. (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi.(online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1434), diakses tanggal 11 Oktober 2018.
Munir, (2012). Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Qulud, dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Arjawinangun. Scientiae Educatia Volume 5 Nomor 1 Tahun 2015.
Sadia, I Wayan. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Scriven, M., & Paul, R. (2007). Defining Critical Thinking. The Critical Thinking Community: Foundation for Critical Thinking. (Online).Tersedia di: http://www.criticalthinking.org/aboutCT/define_critical_thinking.cfm. Diakses 15 September 2018
Sornsakda, S., Suksringarm, P., & Singseewo, A. (2009). Effects of Learning Environmental Education Using the 7E-Learning Cycle with Metacognitive Technique and Theachers Handbook Approaches on Learning Achievment, Integrated Science Process Skills and Critical Thinking of Mathayomsuksa 5 Students with Different Learning Achievment. Pakistan Journal of Social Sciences. 6 (5), hlm. 297-303
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Yanuarti, Nourma Rosalina dan Azizah, Utiya. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Learning Cycle 7-E pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 2, No. 2, pp. 32-38 May 2013, ISSN: 2252-9454

Downloads

Published

2019-03-18

How to Cite

Yessi, M. (2019). Pembelajaran Asam Basa menggunakan LKS Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Weblog untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Acid-Base Learning uses LKS Based on 7E Learning Cycle Assisted by Weblog to Train Students’ Critical Thinking Skills. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 52–64. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.832