Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Bertanya melalui Suka Tanya bagi Guru yang Mengajar Peserta Didik Baru di SMA Negeri 1 Dusun Selatan

Efforts to Improve Pedagogic Competence Asking through Asking Questions for Teachers Teaching New Students in South Dusun 1 High School

Authors

  • Heri Purwanto SMA Negeri 1 Dusun Selatan

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.833

Keywords:

Kompetensi Pedagogik Guru, Teknik Bertanya, Supervisi Akademik

Abstract

Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi profesional guru, termasukkemampuan komunikasi dalam proses pembelajaran yang interaktif, baik antara guru-peserta didik, peserta didik-guru maupun peserta didik-peserta didik dan diciptakan secara kondusif melalui penerapan teknik bertanya.Tetapi fakta di SMA Negeri 1 Dusun Selatan terutama kelas X pembelajaran berlangsung monoton, interaksi kelas minimal dan didominasi oleh guru sehingga dirasakan perlu dilakukan Supervisi Akademik Teknik Bertanya (Suka Tanya) serta untuk mengetahui tingkat keberhasilannya diobservasi dengan penelitian tindakan sekolah. Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah  (PTS) ini untuk : (1) mengetahui apakahSuka Tanya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru yang mengajar peserta didik baru  SMA Negeri 1 Dusun Selatan dan (2)  bagaimana langkah-langkah agar Suka Tanya dapat  meningkatkan kompetensi  pedagogik bertanya bagi  guru yang mengajar peserta didik baru SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dimana dilakukan tindakan berupa supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang dibagi empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi, berfokus untuk memperoleh data  interaksi kelas dan persepsi peserta didik dalam proses pembelajaran. Analisis data dengan metode deskriptif untuk menguraikan secara komprehensif proses dan hasil penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqip, Z., dan Rohmanto, 2007, Membangun Profesionalisme Guru dan Kepala Sekolah , Bandung : Utama Widya.
Glickman,C.D.,Gordon,S.P., and Ross-Gordon,JM.2007. Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition, Boston: Pearson.
Depdikbud.Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.1991. Petunjuk Pembinaan Profesional Guru, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Harahap, B.1983, Supervisi Pendidikan, Jakarta : Damai Jaya.
Indrayanto.2010. Supervisi Akademik (Online) (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2025213-supervisi-akademik/, diakses 09 Juni 2015)
Iryanti,P.2012. Teknik Bertanya Guru Matemetika (Online)
(http://p4tkmatematika.org/2012/02/teknik-bertanya-guru-matematika/ diakses 09 Juni 2015)
Kemendikbud.2012. Supervisi Akademik, Bahan Diklat Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, Jakarta: PPTK BPSDMPK dan PMP.
Kemendiknas.2011. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru), Buku 2, Jakarta: Direktorat PPTK.
Mushofa, A.02 September 2010. Hakikat dan Teknik Bertanya dalam Pembelajaran (Online) ( http://Mashofa.wordpress.com diakses 09 Juni 2015)
Rudi.2012. Supervisi Akademik Merupakan Upaya Peningkatan Mutu Guru
(Online)(http://edukasi.kompasiana.com/2012/03/06/supervisi-akademik-merupakan-upaya-peningkatan-mutu-guru/ diakses 09 Juni 2015)
Sahertian , P. A.1981, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan , Surabaya : Usaha Nasional.
Sahertian , P. A. 2000, Supervisi Pendidikan , Jakarta : Rineka Cipta
Supriyono. 2012. Pengaruh Sistem Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Profesionalisme Guru SMA Negeri 1 Padang Padi Lampung Tengah (Online) ( http://lontar.ui.ac.id/themes/libri2/detail.jsp?id, diakses 12 Juni 2015)
Tim Pengembang SMAN 1 Tenjo.2011. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di SAMN 1 Tenjo Kabupaten Bogor (Online)
(http://paismabogor.files.wordpress.com/2011/04/laporan.pts.pdf. diakses 09 Juni 2015)
Zariant ,A.2012. Definisi Kognitif-Afektif dan Psikomotorik Online)
(http://abazariant.blogspot.co.id/2012/10/definisi-kognitif-afektif-dan-psikomotor.html diakses 07 Juli 2015)

Downloads

Published

2019-03-06

How to Cite

Purwanto, H. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Bertanya melalui Suka Tanya bagi Guru yang Mengajar Peserta Didik Baru di SMA Negeri 1 Dusun Selatan: Efforts to Improve Pedagogic Competence Asking through Asking Questions for Teachers Teaching New Students in South Dusun 1 High School. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 65–76. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.833