Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Agung Riadin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Cici Liani Fitriani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.861

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Model Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tentang aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan alat peraga konkret (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA pada materi Gaya gravitasi,gaya gesek dan gaya magnet dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan alat peraga konkret di kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Ajaran 2016/2017.

Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek penelitian berjumlah 18 orang peserta didik, 6 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan teknik observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan alalisis dan rata-rata dan persentase ketuntasan yang di ambil dari hasil siklus pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agung Riadin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Cici Liani Fitriani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arikunto, Suharsimi, (2006). Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasbullah.2011. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Margono.2003. metedologipenelitian pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta
Sanjaya,Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta kencana prenada media grup.

Downloads

Published

2018-10-03

How to Cite

Riadin, A., & Fitriani, C. L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1–5. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.861