Studi Living Qur’an Jimat Pada Gelang Hitam Untuk Ibu Hamil

Qur’an Living Study Save On Black Bracelets For Pregnant Mothers

Authors

  • Zona Ratih Alkindi Magister Manajemen Pendidikan Islam IAIN Palangka Raya
  • Normuslim Normuslim Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2464

Keywords:

Ayat Al-Qur'an, Jimat, Ibu Hamil

Abstract

Untuk mendalami kajian living Qur’an pada jimat gelang dari benang hitam untuk ibu hamil yang biasanya di terapkan oleh masyarakat adalah bagian dari adat atau tradisi untuk menggunakan sebuah gelang hitam dari benang yang di bacakan ayat ayat Al-Qur’an hal ini tidak lepas dari keyakinan mereka pada keajaiban Al-Qur’an yang mereka yakini sebagai penghalat atau penghalang dari gangguan jin atau setan yang mengganggu orang yang sedang dalam keadaan hamil, sehingga tujuan dari penggunaan gelang hitam itu untuk melindungi diri dari gangguan jin, penulis membatasi pembahasan pada makalah ini yaitu makna dari pelaksanaan tradisi penggunaan gelang hitam untuk ibu hamil yang di lakukan oleh sebagian masyakat islam sebagai bentuk perlindungan diri yang di bacakan ayat ayat Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zona Ratih Alkindi, Magister Manajemen Pendidikan Islam IAIN Palangka Raya

Normuslim Normuslim, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

References

Aswadi, Konsep Syifa dalam Al-Qur’an cet. 1. Jakarta: Kementrian Agama RI, 2012
Fatchurahman M., Setiawan M.A., Karyanti K. 2021.The Development Of Group Healing Storytelling Model In Multicultural Counselling Services In Indonesian Schools: Examination Of Disciplinary Cases. The Education and science journal. 23(4):157-180.
Jailani Muhammad dan Elly Warnisyah. 2018. Persepsi Dan Ekspetasi Pemangku Kepentingan Pada Peran Lulusan Studi Agama-Agama Dalam Membangun Kerukunan Antar Umat Beragama Di Kota Medan.Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UINSU Medan.
Mansur, Muhammad dkk. Living Qur’an dalam Litasan Sejarah Studi Al-Qur’an, dalam Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis, Syahiron Syamsuddin, cet. 1. Yogyakarta: TH Press, 2007.
Salwanida, Felisha. Merencanakan Kecerdasan & Karakter Anak Sejak dalam Kandungan, cet. 1. Jakarta: Katahati, 2010
Setiawan, M Andi. 2015. Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa. Jurnal Suluh. 1(1):33-36.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah, Vol. 1 Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Tommy Suprapto, Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, (Yogyakarta: MedPress, 2009), h. 132.
Umar Nasif, Fatimah. Menggugat Sejarah Perempuan, terj. Burhan Wirasubrata dan Kundun D. Nuryakien. Jakarta: Cendekia Sentra Muslim, 2001.
Utami, A. Titi. 2014. Pelaksanaan Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Yusuf, Muhammad. Pedekatan Sosiologi dalam Penelitian Living Qur’an, dalam Metodologi Penelitian Living Qur’an dan Hadis, Syahiron Syamsuddin, cet. 1. Yogyakarta: TH Press, 2007.

Downloads

Published

2021-03-13

How to Cite

Ratih Alkindi, Z., & Normuslim, N. (2021). Studi Living Qur’an Jimat Pada Gelang Hitam Untuk Ibu Hamil: Qur’an Living Study Save On Black Bracelets For Pregnant Mothers. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 24–28. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2464