Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bantuan Individu Dalam Kelompok

Improving Students' Ability To Write Inspirative Stories By Applying The Cooperative Learning Model Individual Assistance Type In The Group

  • Kudsiah Kudsiah SMP NEGERI 13 BANJARMASIN
Keywords: Keterampilan Menulis, Cerita Inspiratif, Bantuan Individu

Abstract

Penelitian ini bertujuan: meningkatkan kemampuan menulis cerita inspiratif siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bantuan individu dalam kelompok di kelas IX E SMP Negeri 13 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi dan dilaksanakan melalui 2 siklus. Data dikumpulkan melalui: tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peningkatan hasil dengan model pembelajaran kooperatif tipe bantuan individu dalam kelompok dapat dilihat dari hasil menulis siswa. Pada tahap pratindakan hasil dari rata-rata nilai siswa sebesar 53,79 dengan keterangan 2 siswa tuntas. Pada siklus I, hasil dari ratarata nilai siswa sebesar 75,21 dengan siswa tuntas sebanyak 15 siswa. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat sebesar 90,69 dengan ketuntasan 100% atau seluruh siswa tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kudsiah Kudsiah, SMP NEGERI 13 BANJARMASIN

References

Akhadiah, Sabarti. 2015. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Aziz, Abdul, dan Abdul Majid. 2017. Mendidik Dengan Cerita. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Chandra A Putra, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Collier. 2016. The Secret of The Ages (Edisi Terjemah). Tangerang: Gemilang.
Heriawan, Adang. 2016. Metologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Banten: Perum Bumi Bharos Chasanah.
Isjoni. 2017. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyoto. 2015. Kiat Menulis untuk Media Massa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Slavin, Robert E. 2017. Cooperative Learning. Diterjemahkan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.
Tarigan, Djago. 2016. Pintar Bahasa Indonesia SMP Kelas 1 (Pelajaran kelima kegiatan membuat ikhtisar isi pidato). Jakarta: Balai Pustaka.
Published
2022-03-31
How to Cite
Kudsiah, K. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bantuan Individu Dalam Kelompok. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1-6. https://doi.org/10.33084/suluh.v7i2.3389