EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “3 IN 1” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

The Effectiveness Of The Teams Games Tournament (TGT) Learning Model Using “3 In 1” Media In Mathematics Learning

Authors

  • Mariyatie Mariyatie SMPN 1 Katingan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v8i1.4095

Keywords:

Teams Games Tournament (TGT), Media “3 In 1, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar peserta didik yang diterapkan model pembelajaran ekspositori dengan menggunakan media “3 In 1” lebih baik dari model pembelajaran ekspositori dan (2) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media “3 In 1” lebih baik dibandingkan model pembelajaran ekspositori dengan menggunakan media “3 In 1” dan  model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Katingan Tengah .Dengan teknik random sampling terpilih tiga kelas sampel yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen 1, IXB sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas kelas IX C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan rata-rata satu pihak (pihak kanan), analisis varians satu arah (anava), dan uji lanjut Tukey-Kramer. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 adalah 80,93, kelas eksperimen 2 adalah 70,49, dan kelas kontrol 60,04. Berdasarkan hasil analisis uji kesamaan rata-rata satu pihak (pihak kanan) menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 2 lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis anava dan diuji lanjut dengan Tukey-Kramer menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT dengan menggunakan media “3 In 1” efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Katingan Tengah  pada materi kesebangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mariyatie Mariyatie, SMPN 1 Katingan Tengah

References

Amri, Sofan & Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Penyusunan KTSP Kabupaten/Kota:
Budianto, Haris. 2011. Efektifitas Penggunaan Media Presentasi Animasi Flash Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika : Kuasi Ekperimen terhadap Siswa SMA PGII 1 Bandung Kelas IX. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.
Depdiknas.2002.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Djamarah, S.B & A. Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Husril. 2011. Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash CS3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2. Journal MEDTEK, 3/2: 5-6
Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa- University Press.
Isjoni. 2010. Pembelajara Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Jihad, Asep & Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kartiwi. 2011. Penggunaan Teknik Kartu Berpasangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Manfaat Sumber Daya Alam Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.
Kurniawan. 2007. Fokus Matematika SMP/MTS. Jakarta : Erlangga Kusni. 2003. Geometri. Semarang : UNNES.
Mulyasa, E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang
Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Pusparini, Novi. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Reeves, Thomas C. 1998. The Impact of Media and Technology in Schools (section 1). The University of Georgia. Tersedia di http://treeves.coe.uga.edu/edit6900/ BertelsmannReeves98.pdf [diakses 17- 01-2013]
Sadiman, Arief S., dkk. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Pustaka
Salim, Ali. 2005. Trik Membuat Animasi Teks dengan Macromedia Flash MX 2004. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Slavin, Robert. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudijono, A. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiarto. 2009. Workshop I. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sukestiyarno. 2006. Instrumen dan Analisis Data Penelitian. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarat: Andi Offset.
Suyitno, Amin. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang : UNNES.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Mariyatie, M. (2022). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “3 IN 1” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: The Effectiveness Of The Teams Games Tournament (TGT) Learning Model Using “3 In 1” Media In Mathematics Learning. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i1.4095