Perilaku Tantrum Pada Anak TK Rahmat Al-Falah Kelompok B Palangka Raya

Authors

  • Puspita Seni Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dina Fariza Tryani Syarif Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.534

Keywords:

Perilaku Tantrum Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perilaku tantrum pada anak TK Rahmat Al-Falah kelompok B Palangka Raya. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perilaku tantrum pada anak TK Rahmat Al-Falah kelompok B  Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah anak yang mengalami tantrum. Di TK Rahmat Al-Falah terdapat dua anak tantrum. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Data-data hasil penelitian diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua anak tantrum di TK Rahmat Al-Falah dengan perilaku yaitu : 1) menangis, 2) berteriak-teriak, 3) meninju teman, serta 4) melempar benda. Faktor penyebabnya yaitu : 1) tidak terpenuhinya apa yang diinginkan, 2) merasa kecewa, 3) berebut mainan, 4)diganggu teman serta 5) jika dimarahi guru. Upaya yang dilakukan guru untukmengatasi perilaku tantrum yaitu : 1) memberikan pujian, 2) menegur, 3) mengalihkan perhatian anak serta 4) meminta teman lain untuk tidak mengganggunya. Upaya yang dilakukan orangtua cenderung tidak ada, terdapat sikap acuh tak acuh bahkan membela perilaku anak. Hambatan yang dihadapi guru yaitu: guru merasa terkendala (bingung) dalam mengatasi perilaku tantrum

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hurlock. 1998. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.
Hurlock 2009. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
Hurlock 2011. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima (Alih Bahasa : Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.
Hayes. 2003. Tantrum Panduan Memahami dan Menangani Ledakan Emosi Anak (Alih Bahasa : Hamiyn Octopus). Jakarta : Erlangga.
Hasan. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.
Maslim. 2003. Buku Saku Diagnosis Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas PPDGJ-III. Jakarta : Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Atma Jaya.
Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Moleong.2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muzakkir. 2008. Terapi Musik Melalui Metode Orff : Studi Kasus Program Terapi Pada Anak Yang Mengalami Temper Tantrum di Cimahi Jawa Barat. PPDGJ III. Jakarta : Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa FK Atma Jaya. PT Gramedia.
Penney, Hames. 2005. Menghadapi dan Mengatasi Anak Yang Suka Ngamuk. Jakarta : PT Gramedia
Rosmala Dewi. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas.
Rini Hildayani, dkk. 2009. Penanganan Anak Berkelainan (Anak Dengan Kebutuhan Khusus). Jakarta : Universitas Terbuka.
Sudjana. 2004. Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Non formal Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : Falah Production.
Suharsimi Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Downloads

Published

2017-02-02

How to Cite

Seni, P., & Syarif, D. F. T. (2017). Perilaku Tantrum Pada Anak TK Rahmat Al-Falah Kelompok B Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 6–11. https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.534