Konseling Kelompok Gestalt Dengan Reversal Technique Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Self-Management Dalam Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP

Authors

  • Depie Depie Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Mohammad Fatchurahman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.537

Keywords:

Self-management, Konseling Kelompok Gestalt, Reversal Technique

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang self-management dalam belajar pada peserta didik dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok Gestalt dengan Reversal Technique. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Equivalent Time Series Design dan pola eksperimen yang digunakan adalah pre-test and post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 8 peserta didik terdiri dari 3 peserta didik berkategori rendah dan 5 peserta didik berkategori sedang.. Pada hasil pre-test diperoleh pengelolaan diri peserta didik berada pada kategori rendah dan sedang dengan skor 50-79, dan setelah pemberian treatment berupa layanan konseling kelompok diperoleh hasil post-test pengelolaan diri berada pada kategori tinggi dengan skor 95-108. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan Pengelolaan diri peserta didik. Hasil uji hipotesis Asymp.Sig. (2- tailed) adalah 0,012. Karena nilai Asymp. Sig. ˂ taraf nyata (α/2 = 0,05) sehingga Ho ditolak

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Depie Depie, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Creswell, J. 2012. Educational Research- Planning Conducting, and Evaluating Quantitatif and Qualitatif Research (4th.Edition). Boston: Pearson Education Inc.
Gie, The Liang. 2000. Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa edisi kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Lubis NL. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling dalam Teori Dan Praktek. penerbit Kencana Prenadamedia grup.
Makhfud. 2011. Hubungan Antara Manajemen Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Aktivis Bem Iain Sunan Ampel. Surabaya. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan volume 10.
Mugiarso, Heru, dkk. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press, Jurnal diakses pada tanggal 14 juli 2016.
Sukardi DK. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Jakarta: PT Rineka cipta.
Sugiyono 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung; Alfabeta.
Supriyati A. (20013). Upaya Meningkatkan Self-management Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas

Downloads

Published

2017-04-07

How to Cite

Depie, D., & Fatchurahman, M. (2017). Konseling Kelompok Gestalt Dengan Reversal Technique Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Self-Management Dalam Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 19–25. https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.537