Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMPN 1 Selat Kuala Kapuas

Authors

  • Ni Wayan Ginanti
  • Asep Solikin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Heru Nurrohman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.543

Keywords:

Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan  (1) Mengetahui profil  motivasi belajar peserta didik di SMPN 1 Selat Kuala Kapuas, (2) mengetahui efektifitas program bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar  peserta didik di SMPN 1 Selat Kuala Kapuas. Metode yang di gunakan penelitian adalah menggunakan rancangan penelitian Tindakan kelas Bimbingan dan Konseling ( PTKBK ) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Untuk teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi dan angket. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan statistik.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat di lihat dari penelitian pre test hasil yang di peroleh 64% dan pada penelitian post test yang diperoleh 95% . Kemudian secara statistik di peroleh harga P=000 yang menunjukan bahwa harga P jauh lebih kecil dari 0,05. Yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asep Solikin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Heru Nurrohman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Badrujaman. 2012. Penelitian tindakan bimbingan konseling. Jakarta: indeks
Dimyati, mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rieneka cipta
Gibson R.L dan M.H mitchell. 2011. Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: pustaka pelajar
Hamzah uno. 2009. Teori motivasi dan pengukuranya. Jakarta: bumi aksara
Hartinah sitti. 2009. Konsep dasar Bimbingan kelompok. Bandung: PT refika aditama
Nashar. 2004. Peran motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. jakarta: Delia press
Nurnaningsih. 2011. Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Jurnal BK UPI edisi Khusus no 1 agustus 2011. Issn:1412-565x
Sardiman. 2007. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Bandung: rajawali pers
Tatik romlah. 2001. Teori dan praktik bimbingan kelompok. Malang: UM Press

Downloads

Published

2017-03-31

How to Cite

Ginanti, N. W., Solikin, A., & Nurrohman, H. (2017). Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMPN 1 Selat Kuala Kapuas. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 39–41. https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.543